Tak Punya Lengan, Wanita Ini Mampu Catatkan Sejarah

Jessica Fox, pilot wanita tanpa lengan pertama.
Jessica Fox, pilot wanita tanpa lengan pertama. (net)

KLIKPOSITIF -- Menjadi seorang difabel dan hidup dengan kekurangan fisik bukanlah perkara mudah. Butuh hati yang luas untuk menerima hal tersebut. Salah satu orang yang berhasil berdamai dengan keadaannya dan memutuskan bangkit adalah Jessica Cox.

Sekarang dia berhasil menjadi pilot wanita pertama tanpa lengan. Tentu kisah hidupnya sangat inspiratif dan membuat banyak orang kagum. Wanita berdarah Filipina-Amerika, Jessica Cox membuktikan bahwa meski tak mempunyai kedua lengan tangan, ia bisa mencapai mimpinya.

baca juga: Pasca Lion Air Jatuh, Pilot Amerika Kecam Boeing

Dilansir dari laman BBC, Jessica harus menjalani hidupnya tanpa lengan tangan karena cacat lahir non-genetik. Pasti awalnya tak mudah dan harus berjuang cukup keras, Jessica telah menguasai beberapa aktivitas sehari-hari.

Seperti mengendarai mobil, mengikatkan tali sepatunya, menyisir rambut, dan merias wajah. Wanita berusia 396 tahun ini pun juga bisa berselancar, menyelam, dan menunggangi kuda. Keren! Salah satu prestasi terhebatnya adalah Jessica berhasil tercatat dalam Guinness World Record sebagai pilot wanita pertama di dunia tanpa lengan.

baca juga: Presiden Jokowi Minta Gratiskan Penonton Difabel di Asian Para Games 2018

Jessica bisa menerbangkan pesawat dengan kaki-kakinya. Namun, itu tak mudah bagi dirinya karena Jessica takut naik pesawat pada awalnya. ''Ini adalah ketakutan terbesar saya, hanya untuk naik pesawat,'' ungkap Jessica.

Jessica telah belajar menerbangkan sebuah ercoupe, salah satu jenis pesawat tanpa pedal kemudi yang memungkinkan dirinya menggunakan kakinya sebagai tangan. Tak seperti orang lain yang mendapatkan lisensi pilot dalam enam bulan, Jessica harus melatih dirinya selama tiga tahun untuk bisa mendapatkan lisensi penerbangan.

baca juga: Pilot Lion Air Meninggal di Arab Saudi, Ini Penjelasan Pihak Maskapai

''Aku memiliki kaki, tapi aku tidak memiliki lengan, aku tidak memiliki tangan. Jadi tentu saja, sewaktu kecil aku belajar mengambil barang dengan kaki. Aku melakukan semuanya dengan kaki-kakiku yang menjadi tanganku,'' kata Jessica.

Selain berprestasi di dunia penerbangan, Jessica juga berhasil menjadi orang pertama tanpa lengan tangan yang menyabet sabuk hitam di Amerika Taekwondo Association. (*)

baca juga: Indonesia Siapkan Minimal 300 Atlet untuk Asian Para Games 2018

sumber: Dewiku

Penulis: Agusmanto