Sosialisasi Program KKBPK di Tanjung Gadang-Sijunjung, Suir Syam: Kesehatan Ibu dan Anak untuk Masa Depan Bangsa

()

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF - Masa depan suatu bangsa sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Peningkatan kualitas sumber daya manusia tidak hanya dapat dicapai melalui bidang pendidikan saja, namun juga melalui bidang kesehatan.

Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam saat menghadiri Sosialisasi Advokasi dan KIE Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Bersama Mitra Kerja di Sijunjung, Senin, 1 April 2019.

baca juga: Pencairan Insentif Nakes Masih Minim, DPR: Tidak Ada Alasan Tidak Segera Memberikan Hak Mereka

Mantan Walikota Padang Panjang itu juga menuturkan bahwa pendidikan dan kesehatan, harus sejalan dalam mewujudkan masa depan bangsa yang berkualitas, dan kedua hal ini harus dimulai dari lingkungan yang terkecil, yaitu keluarga.

Untuk itu, setiap keluarga harus punya rencana yang baik untuk masa depan keluarganya dengan mengedepankan kesehatan dan pendidikan, karena tanpa perencanaan, tentu masa depan keluarga yang lebih baik, dan berkualitas, akan sulit terwujud.

baca juga: Kebijakan PSBB Hingga PPKM Tidak Akan Efektif Tanpa Testing dan Tracing yang Masif

"Kalau keluarga telah merencanakan masa depan yang baik, maka akan lahir generasi berkualitas dan sehat dari keluarga tersebut, karena generasi yang dilahirkan itu dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, termasuk pendidikannya," ujar Suir Syam.

Merencanakan kehidupan keluarga yang baik, kata mantan Direktur Rumah Sakit Achmad Mukhtat itu melanjutkan, harus dimulai sejak anak masih dalam kandungan, hingga lahir dan sampai anak tersebut mengenyam pendidikan.

baca juga: Varian Delta Plus Disebut-sebut Terdeteksi di Indonesia, Pemerintah Harus Perkuat WGS

Oleh sebab itu, ia pun menyarankan agar keluarga mengedepankan setiap program-program yang ada di BKKBN , termasuk program KKBPK yang bertujuan untuk meningkatkan pembangunan keluarga, baik SDM, ekonomi maupun lain sebagainya.

"Jadi, itulah sebabnya kenapa BKKBN terus gencar-gencarnya mensosialisasikan program KKBPK ini kepada masyarakat, karena melalui sosialisasi ini, masyarakat akan tahu manfaat dari program tersebut," ujarnya.

baca juga: BKKBN: Percepatan Vaksinasi Covid-19 Melalui Keluarga

Sosialisasi Advokasi dan KIE Program KKBPK yang diadakan di Sijunjung, tepatnya di Kecamatan Tanjung Gadang itu, merupakan bagian dari roadshow BKKBN yang digelar di 18 kabupaten kota di Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sosialisasi ini, BKKBN menghadirkan Mitra kerja dari anggota Komisi IX DPR RI, yaitu Suri Syam, Betty Shadiq Pasadigue dan Muhamamd Iqbal. Dalam sosialisasi ini, panitia juga menyediakan berbagai games menarik dengan hadiah utama sepeda.

Kemudian hadiah lainnya, yaitu Tv LED, Dispenser, Magic Com, Kompor Gas, serta aneka hadiah menarik lainnya yang disediakan panitia untuk peserta yang beruntung. Bahkan untuk memeriahkan sosialisasi tersebut, juga ada acara hiburan berupa orgen tunggal.

Kabid Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KS/PK) BKKBN Sumbar, Mardalena Wati Yulia, mengatakan bahwa sosialisasi ini digelar, tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap program KKBPK, tapi juga bertujuan untuk meningkatkan dukungan dalam pergerakan program KKBPK di Sumatera Barat.

"Program KKBPK ini sangat penting bagi keluarga, karena dapat melahirkan generasi yang berkualitas. Program ini bukan hanya untuk perempuan, tapi juga untuk pria, karena melalui program ini, setiap kehamilan bisa direncanakan," katanya.(*)

Penulis: Riki