Jambi Ikut TdS 2019, Kadispar Sumbar : Pembalap Disuguhi Kesejukan Alam Kerinci

Pembukaan TdS 2018 di Bukittinggi
Pembukaan TdS 2018 di Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

JAMBI , KLIKPOSITIF - Provinsi Jambi kemungkinan akan terlibat dalam event Tour de Singkarak 2019, itu artinya kemungkinan para pembalap sepeda tidak hanya melalui 18 kabupaten dan kota di Sumbar saja, tapi juga melalui Kerinci. 

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar , Oni Yulfian mengatakan, hadirnya Kerinci akan memberikan suasana yang baru, sebab sepanjang rute dari Muaro Labuh Solok Selatan - Kerinci memiliki pemandangan yang indah, serta suhu udara yang begitu sejuk.

baca juga: Tren Bersepeda, Penjualan Sepeda Meningkat di Bukittinggi

" Pembalap akan disuguhi Kesejukan alam pada rute baru nantinya," katanya, Minggu, 7 April 2019.

Dijelaskan Oni, jika Jambi jadi ikut panjang rute yang akan bertambah lebih dari 200 kilometer.

baca juga: Ingin Bersepeda di Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, Inilah Spot Menarik Yang Wajib Dikunjungi

"Ini suatu inovasi baru bagi kami, karena selama ini rute TdS yang dilewati hampir semua pembalap yang pernah mengikutinya sudah mengenal lokasinya, penyegaran ini perlu kita lakukan sebagai daya tarik bagi pembalap sepeda dunia lebih banyak lagi untuk mengikutinya," sebutnya.

Menurutnya, keikutsertaan Jambi menjadi daya tarik bagi peseda internasional untuk menjajal TdS. Bahkan Jambi rencananya akan mebgukutsertakan pembalap mereka.

baca juga: Booming Sepeda Sanki di Payakumbuh, Minions Rider Restorasi Sepeda Jadul Jadi Trendi

"Kerja sama ini bisa menjadi contoh bagi provinsi lain yang berbatasan langsung dengan Sumbar," tuturnya.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit , mengatakan rute Kerinci ini, nantinya akan dimulai dari Kabupaten Solok Selatan menuju ke Sungai Penuh Kerinci, lalu menuju ke Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Namun perlu disikapi oleh Pemerintah Jambi terkait jalan yang akan dilewati para pembalap harus bagus.

baca juga: Rawat Onthel Warisan Keluarga, PNS di Pessel Ini Tidak Jarang Pinjamkan Sepedanya Untuk Dekorasi Pemotretan

“Jika kondisi jalan sudah baik kita akan buatkan MoU antara Sumbar dan Jambi . Selanjutnya Gubernur Sumbar membuat surat pada Kementrian Pariwisata,” ucapnya.

Menurutnya, hingga kini masih banyak jalan yang berlobang dari rute yang akan dilalui pembalap , hal itu harus jadi perhatian pihak terkait termasuk Pemprov Jambi .

Selanjutnya Gubernur Jambi Fachrori Umar menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah provinsi Sumbar yang telah bersedia memberikan kesempatan bagi Jambi , khususnya Kerinci dan Sungai Penuh berpeluang menjadi tuan rumah TdS 2019.

"Kesempatan ini untuk memperkenalkan pesona alam dari Kerinci, serta objek wisata Kerinci juga dapat terpromosikan dengan ajang internasional tersebut," ujarnya. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir