Polda Sumbar Masih Sosialisasikan Larangan Merokok Saat Berkendara

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Direktorat lalu lintas Polda Sumbar belum melakukan penindakan secara tegas terkait aturan dilarangnya pengendara yang merokok saat berkendara .

Kabag Ops Ditlantas Polda Sumbar , AKPB Ari Yuswan saat dihubungi KLIKPOSITIF .com, Senin 8 April 2019 mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya masih melakukan sosialsisasi dan tindakan refentif terkait aturan tersebut.

baca juga: Terus Berlanjut, Agam Tambah 2 Kasus COVID-19 Hari Ini

"Untuk aturan itu di Sumbar masih dalam tahap sosialisasi dan masih belum dilakukan penindakan secara tegas, seperti tilang," ujarnya.

Namun demikian, ia mengatakan pihak kepolisian terus melakukan penindakan edukatif seperti melakukan peneguran terhadap pengendara yang ditemui.

baca juga: Satreskrim Polres Bukittinggi Ringkus Pelaku Parkir Liar di Pasar Aur Kuning

Ia mengatakan, untuk aturan tersebut berada dalam pasal 106 ayat 1 Undang-undang nomor 22 tahu 2009 tentang lalu lintas bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

"Merokok dan menghidupkan musik dengan keras akan mengurangi konsentrasi dalam berkendara , makanya aturan itu dibentuk," lanjutnya.

baca juga: Polisi Bongkar Peran Anita Kolopaking dalam Kasus Surat Jalan Djoko Tjandra

Ia berharap masyarakat bisa mentaati aturan tersebut sehingga angka kecelakaan di Sumatera Barat bisa diminimalisir. [Halbert Caniago]

Penulis: Eko Fajri