Pemkab Mentawai Gelar Apel Siaga Bencana Bersama ASN dan Personil

(Mentawaikab)

KLIKPOSITIF  — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai menggelar Apel Siaga Bencana dalam rangka meningkatkan aparatur/personil yang siap siaga, tangkas dan tangguh menghadapi bencana yang dilaksanakan di halaman Kantor BPBD Mentawai , Jumat (15/3).

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet pada amanat Apel gabungan tersebut mengatakan bahwa kegiatan kesiapsiagaan merupakan pergeseran paradigma dari penanganan menjadi pencegahan dan kesiapsiagaan, dimana hal itu akan membuka ruang yang lebih besar terhadap upaya-upaya pengurangan resiko bencana.

baca juga: Pertamina Resmikan SPBU Kompak, Hadirkan Pertamax di Mentawai

"Bencana merupakan urusan bersama, untuk itu harus dilakukan edukasi kesiapsiagaan bencana yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Saya mengimbau seluruh pihak terkait harus mengambil peran masing-masing dalam menanggulangi bencana," paparnya.

Ia menyebutkan secara umum bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja, untuk itu masyarakat tidak perlu merasa takut, namun tetap waspada, dimana kegiatan Apel Siaga Bencana tersebut merupakan hal yang biasa dilakukan untuk saling berkoordinasi dengan unsur terkait.

baca juga: Cerita Rosman, Da'i Binaan UPZ Baznas Semen Padang yang Jual Kerbau untuk Berdakwah di Jalan Tuhan

"Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat agar tetap tenang, yang penting kita waspada, jika ada isu bencana yang diberitakan jangan terlalu ditanggapi sehingga menjadi sebuah ketakutan dan tidak melakukan aktivitas, tetapi kita tetap waspada, tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tau kapan benca itu datang, nah kita dari pemerintah dan unsur TNI dan Polri serta instansi lain berupaya memastikan bahwa Mentawai siap, "pungkasnya.(Adv)

Penulis: Khadijah