Liga Seduh Rimbun 2019, Barista dari Sarilamak Jadi Juara

Peserta menyeduh kopi dalam LSR 2019 di Padang
Peserta menyeduh kopi dalam LSR 2019 di Padang (ist)

PADANG , KLIKPOSITIF -Kompetisi seduh kopi manual besutan Rimbun Espresso & Brew Bar yang bertajuk Liga Seduh Rimbun (LSR) kembali digelar. Setelah perdana digelar tahun lalu, LSR 2019 menjadi gelaran kompetisi yang kedua.

Digelar selama dua hari 9-10 April 2019 di Gedung Serbaguna Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang , pada kompetisi ini bertarung 28 penyeduh kopi atau barista dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan mengikuti babak compulsory dan open service. Sebelum akhirnya 6 peserta dengan total skor tertinggi akan kembali bertarung di babak final.

baca juga: 9 Manfaat Unik Kopi

Jalannya kompetisi ini mengacu pada peraturan dan ketentuan World Brewers Cup sebagai standar internasional untuk kompetisi seduh kopi manual. Sehingga Liga Seduh Rimbun 2019 menjadi salah satu ajang yang dinantikan oleh para penyeduh kopi (brewers) regional Sumatera Tengah.

Setelah melewati fase penyisihan yang berlanjut dengan final yang digelar hari ini Rabu 10 April 2019 tiga orang dinyatakan sebagai pemenang LSR 2019. Fadil Kusuma dari Sarilamak berhasil menjadi jawara musim ini. Sedangkan juara kedua diraih oleh Calvin Satrianto barista dari Moveon Fashion Coffee, Bukittinggi. Algerry Febri dari Devitos Coffee & Tea, Padang menjadi juara ketiga.

baca juga: HUT ke-23, Ada Pasar Murah Sembako di Kantor Padang Ekspres

Humas penyelenggara Liga Seduh Rimbun 2019 Noverdy Putra mengatakan animo perserta sangat tinggi ini pada kompetis tahun ini. Ini terbukti dengan perserta yang tidak hanya datang dari para penyeduh kopi yang berasal dari kota Padang saja.

"Terbukti dari 28 slot peserta yang disediakan tahun ini, dapat terpenuhi dalam waktu tidak kurang dari 8 menit," kata Noverdy.

baca juga: Pemerintah Kembangkan Desa Devisa Untuk Tingkatkan Ekspor Kopi

Dia mengatakan tercatat sebaran daerah asal peserta yang cukup beragam, mulai dari Pekanbaru, Dumai, Muaro Bungo, Solok, Payakumbuh, dan Bukittinggi. Selain faktor peserta, perbedaan yang cukup mendasar dari tahun sebelumnya adalah seluruh peserta akan mendapat kesempatan Open Service (Presentasi).
Di samping itu, juri sebagai salah satu unsur yang krusial dalam sebuah kompetisi kopi juga mengalami peningkatan. Pada Liga Seduh Rimbun 2019 ini terdapat lima orang juri dengan lisensi nasional (Indonesia Coffee Event Certified Judge).

Selain adu keahlian penyeduh kopi , dalam acara ini juga digelar Kuliah Umum. Tema yang dipilih adalah Kopi dan Ekonomi Kreatif Indonesia yang telah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang .

baca juga: Pesawat Tujuan Batam Kembali ke BIM Setelah Mengudara 15 Menit, Ini Penjelasan Lion Air

Penulis: Ramadhani