Walaupun Gratis, Program PTSL di Sumbar Terganjal Tanah Ulayat

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) di daerahnya masih terkendala status tanah ulayat. Sehingga akhir triwulan pertama, realisasi PTSL di Sumbar baru mencapai 25 persen dari kuota yang diberikan.

Program PTSL merupakan komitmen Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN ) menerbitkan sertifikat tanah tanpa dipungut biaya.

baca juga: Pj Gubernur Sumbar Pastikan Tol Padang - Pekanbaru Tetap Jalan

"Program PTSL ini luar biasa bagus, walaupun pelaksanaannya di Sumbar masih ada persoalan yakni berkaitan dengan tanah ulayat," ujarnya, Rabu, 10 April 2019. 

Dijelaskannya, sesuai dengan budaya Minangkabau tanah ulayat adalah tanah yang turun temurun yang dikuasai oleh kaum. Sehingga untuk proses mensertifikatkan membutuhkan proses yang sangat lama melalui kesepakatan kaum.

baca juga: Serah Terima Tugas, Plh Gubernur Sumbar: Pemerintahan Harus Tetap Berjalan

"Jadi disitu masalahnya, walaupun tidak gagal tapi butuh waktu lama, sepakat dulu kaum, mereka berembuk dulu. Tapi mau apa itukan budaya kita," ungkapnya.

Walaupun begitu, pemerintah provinsi akan tetap berupaya maksimal dengan melakukan sosialisasi tentang bagaimana manfaat dan bagusnya program PTSL. Selain itu juga dibutuhkan dukungan dari kabupaten dan kota.

baca juga: Dino Patti Djalal Jadi Korban Mafia Tanah, Ingatkan Publik Waspada

"Harus didukung bersama - sama agar program ini berjalan," tukasnya. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir