Wujudkan Keluarga Sejahtera, BKKBN-Komisi IX DPR RI Ajak Warga Batipuh Ikuti Program KB

Anggota Komisi IX DPR, Suir Syan saat menjadi pemateri pada sosialisasi yang digelar BKKBN di Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Batipuh, Tanah Datar, Sabtu, 13 April 2019.
Anggota Komisi IX DPR, Suir Syan saat menjadi pemateri pada sosialisasi yang digelar BKKBN di Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Batipuh, Tanah Datar, Sabtu, 13 April 2019. (Ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) menggelar kegiatan sosialisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Bersama Mitra di Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Batipuh, Tanah Datar , Sabtu, 13 April 2019.

Dalam sosialisasi dengan tema "Keterpaduan Program KKBPK dalam Sektor Pembangunan" itu, lembaga pengendali jumlah penduduk tersebut, mengandeng anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam, dan OPD terkait di lingkungan Kabupaten Tanah Datar .

baca juga: Pembakar Halte Sarinah Terungkap, Jansen: Jika By Design, Ini Skandal

Kabid Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB/KS) BKKBN Sumbar, Madalena dalam menyatakan bahwa sosialisasi program KKBPK ini dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang berkualitas.

BACA: Sosialisasikan Program KKBPK di Salimpauang, Betti Shadiq: Membangun Keluarga Sejahtera Bukan dengan Banyak Anak, Tapi Melalui Perencanaan

baca juga: Megawati: Ngapain Sih Kamu Demo-demo, Lucu Banget Nih Republik Indonesia Sekarang

Untuk mewujudkannya, maka keluarga disarankan mengikuti program Keluarga Berencana (KB) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, dan program ini juga bertujuan untuk mengendalikan jumlah penduduk.

"Penduduk adalah sentra pembangunan, jika tidak dikendalikan, maka berpotensi menimbulkan gejolak sosial. Kami dari BKKBN , mendukung agar keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat, mengikuti program KB," katanya.

baca juga: KPU Tanah Datar Tempelkan DPT di Tempat Umum, Warga Diminta Memeriksanya

Program KB ini terus disosialisasikan, lanjutnya, karena saat ini, Indonesia menempati peringkat empat dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. "Jadi, jumlah ini harus dikendalikan, supaya ada keberimbangan," imbuhnya.

Anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam menuturkan, banyak manfaat dari program KB. Salah satunya, dapat mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, baik dari segi kualitas seperti sumber daya manusianya, maupun ekonomi.

baca juga: Demo di Patung Kuda, Ini 7 Ultimatum Mahasiswa pada Jokowi - Ma'ruf

"Keluarga berkualitas dapat diukur dari peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga tersebut. Indikator keluarga yang mengalami peningkatan ketahanan dan kesejahteraan juga dapat dilihat dari pelaksanaan 8 fungsi keluarga," katanya.

Suir Syam memaparkan 8 fungsi keluarga, yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan.

"8 fungsi ini harus dapat diterapkan oleh keluarga. Jika ini diterapkan, maka ketahanan dan kesejahteraan keluarga akan dapat terwujud, dan tentunya, keluarga yang mengaplikasikan 8 fungsi ini, akan berkontribusi pada bangsa dan Negara Indonesia," ujarnya.

Ditambahkannya, sosialisasi program KKBPK ini, merupakan salah satu upaya pemerintah melalui BKKBN dalam hal pembangunan non fisik. Oleh sebab itu, ia berharap orangtua, terutama Ibu, harus mendorong fungsi tersebut.

"Ibu memegang peranan penting dalam mewujudkan keluarga berkualitas. Ibu adalah sekolah pertama bagi anak. Untuk itu, melalui sosialisasi ini, saya berharap agar ibu-ibu dapat pemahaman dan pengetahuan yang luas, sehingga terwujud keluarga berkualitas," pungkasnya.

Seperti diketahui, Sosialisasi Advokasi KIE Program KKBPK Bersama Mitra ini, digelar di 18 kabupaten kota di Sumbar dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam pembinaan ketahanan keluarga, serta untuk meningkatkan komitmen dan keterpaduan mitra kerja dalam melakukan advokasi dan KIE di Sumbar.

Dalam sosialisasi tersebut, panitia juga mengadakan acara hiburan berupa orgen, serta games-games menarik dengan hadiah utama sepeda.
Selain itu, juga ada hadiah menarik lainnya seperti TV LED, dispenser, magic com, kompor gas dan lain sebagianya.(*)

Penulis: Riki