KPU Kabupaten Solok Targetkan Rekapitulasi Surat Suara Selesai 22 April

(KLIKPOSITIF/ Syafriadi)

SOLOK , KLIKPOSITIF -- Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Solok resmi memulai rekapitulasi hasil pemilihan umum serentak tahun 2019 tingkat kecamatan. Rekapitulasi suara calon presiden dan Wakil presiden, DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota dilangsungkan di masing-masing kantor camat.

Menurut komisioner KPU Kabupaten Solok , Defil, proses rekapitulasi dilakukan untuk masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) per Nagari.

baca juga: Kantongi Sabu, Warga Pasar Usang Guguek Solok Diciduk Polisi

"Hari ini kita mulai rekap suara hasil pemilu serentak di masing-masing kantor camat yang ada di kabupaten Solok ," ungkap Defil, Jum'at (19/4).

Pihaknya memperkirakan, proses rekapitulasi suara tingkat kecamatan akan memakan waktu beberapa hari kedepan mengingat banyaknya jenis surat suara yang akan direkap oleh petugas. Kendati demikian, pihaknya menjadwalkan proses rekapitulasi ditingkat kecamatan akan selesai pada 22 April 2019 mendatang.

baca juga: Jabat Pjs Wako Solok, Ini Tiga Prioritas Utama Asben Hendri

Namun itu masih tentatif, bisa jadi memakan waktu lebih. "Bisa jadi lebih harinya, tergantung situasi dan kondisi serta kelancaran proses rekapitulasi itu sendiri," terangnya.

Idealnya, dalam sehari proses rekapitulasi surat suara bisa menyelesaikan hasil pemilu untuk sekitar 40 TPS.

baca juga: Asik Nongkrong di Warung, Pelaku Narkoba Diciduk Polisi di Solok

Pihak KPU Kabupaten Solok menjadwalkan, proses rekapitulasi tingkat kabupaten Solok bisa dilangsungkan pada akhir April 2019 ini.

Pantauan KLIKPOSITIF di kantor camat Kubung tadi sore, proses rekapitulasi hasil suara pemilu serentak 2019 berjalan cukup lancar. Proses rekap diikuti oleh masing-masing saksi dari partai politik. Kecamatan Kubung menjadi daerah yang diperkirakan memakan waktu paling lama dalam proses rekapitulasi mengingat kecamatan Kubung merupakan daerah dengan TPS terbanyak.

baca juga: Gawat Darurat, Warga Kota Solok Bisa Hubungi Call Center 112

Proses rekapitulasi yang dimulai sejak siang itu turut dikawal ketat oleh petugas TNI-Polri untuk antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, serta turut diawasi petugas dari Bawaslu kab. Solok . Tidak sedikit juga masyarakat dan tim sukses yang penasaran menunggu hasil rekapitulasi diluar gedung kantor camat. (Syafriadi)

Penulis: Eko Fajri