Jaga Lonjakan Harga, Pemprov Sumbar Akan Gelar Bazar Ramadhan

Pedagang telur di Pasar Raya Padang
Pedagang telur di Pasar Raya Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melalui beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) akan menggelar pasar murah selama bulan ramadhan (Bazar Ramadhan). Hal itu dilakukan untuk membendung lonjakan harga bahan pokok selama bulan puasa serta memberikan harga murah bagi warga miskin.

"Kegiatan Bazar ini merupakan program setiap tahun sebagai bentuk kepedulian akan kebutuhan masyarakat dalam bulan Ramadhan dan menyambut hari Raya Idul Fitri," ungkap Kepala Biro Perekonomian Irsad, Sabtu, 20 April 2019.

baca juga: TTIC Diserbu Emak-Emak, Bahan Pokok Harga 'Miring' Ludes

Dijelaskannya, Ramadhan 1440 Hijrah ini Pemprov Sumbar akan mengelar Bazar Ramadhan pada tanggal 21-24 Mai 2019 di halaman Kantor Gubernur. Bazar akan dilaksanakan dengan cara bergantian dari beberapa OPD yang terlibat.

Irsad juga menyampaikan, selain Biro Perekonomian, juga ada beberapa OPD melakukan hal yang sama dalam bentuk pasar murah. Dinas Peternakan Sumbar akan mengelar pasar murah dihalaman kantornya pada tanggal 27-29 Mai 2019, Dinas Koperasi dan UKM Sumbar pada tanggal 22-26 Mai 2019 di Khatib Sulaiaman Padang.

baca juga: Halaman Kantor Gubernur Mendadak Menjadi Pasar Rakyat

Sementara Dinas Perindrustrian dan Perdagangan Sumbar juga akan melakukan pasar murah pada tanggal 27-30 Mai di halaman kantornya. Bank Indonesia juga akan mengelar pasar murah bersama mitra UKM Sumbar pada tanggal 15-17 Mai 2019 di halaman kantornya.

Selain dari Dinas, Bulog juga melakukan subsidi harga melalui produk Bulog mobile yang akan datang dikecamatan dan kelurahan serta beberapa tempat dalam bazar dan pasar murah yang dilakukan pemprov Sumbar, terangnya.

baca juga: 'Pesona Ramadan Sumatra Barat' Upaya Dinas Pariwisata Menarik Wisatawan

"Ada beberapa kebutuhan pokok terutama pada, daging, telur, beras, minyak goreng dan lain-lain terutama dijual dengan harga murah untuk keluarga yang kurang mampu," jelasnya.

Dilanjutkannya, langkah awal dilaksanakan persiapan untuk mendorong OPD terkait dan lembaga ikut serta mengisi kegiatan bazar tahun ini agar berjalan dengan baik dan tetap sasaran.

baca juga: Banyak Anggota DPRD Sumbar Absen Paripurna, Ketua: Tidak Terpilih dan Puasa

Irsad juga menegaskan akan melakukan rapat sekali lagi dalam memfinalkan semua program dan kegiatan ini pada awal bulan Mai 2019, guna menghimpun jika ada hal-hal perkembangan yang terjadi bagaimana acara ini dapat berjalan dengan lancar.

Terutama untuk para UKM yang mengikuti kegiatan ini juga dapat dilalukan promosi dalam bentuk banner, sehingga ini dapat membantu masyarakat mengetahui dan berlangganan.

"Tentunya harapan kemajuan para UKM Sumbar dan bagaimana masyarakat mencintai produk sendiri akan mendorong kemajuan pertumbuhan sektor ini dalam pembangunan daerah," pungkas Irsad. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir