Jejak kaki manusia tertua yang ditemukan di Amerika

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Jejak kaki berusia 15.600 tahun ditemukan di Chili selatan. Hal itu diyakini para peneliti sebagai yang tertua yang pernah ditemukan di Amerika.

Jejak kaki pertama kali ditemukan pada tahun 2010 oleh seorang siswa di Universidad Austral of Chile. Para ilmuwan kemudian bekerja selama bertahun-tahun mengesampingkan kemungkinan bahwa cetakan mungkin berasal dari beberapa spesies hewan lain, dan untuk menentukan perkiraan usia fosil.

baca juga: Anda Kesepaian, Penelitian: Cobalah Memelihara Tanaman dalam Ruangan

Dilansir dari laman reuters, Karen Moreno, ahli paleontologi dari Universidad Austral yang telah mengawasi penelitian tersebut, mengatakan para peneliti juga menemukan tulang-belulang binatang di dekat situs itu, termasuk yang dari gajah primitif, tetapi menetapkan bahwa jejak kaki itu adalah bukti keberadaan manusia.

Moreno mengatakan ini adalah bukti pertama manusia di Amerika yang berusia lebih dari 12.000 tahun. "Sedikit demi sedikit di Amerika Selatan kami mulai menemukan situs dengan bukti keberadaan manusia, tetapi ini yang tertua di Amerika," katanya.

baca juga: Muncul ke Publik Pasca Lengser dari Presiden Amerika, Ini Kata Donal Trump

Penulis: Fitria Marlina