Keindahan Geopark Nasional Silokek Potensi Terbaru Pariwisata Sumbar

Geopark Ngarai Sianok/Ilustrasi
Geopark Ngarai Sianok/Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, potensi Geopark Nasional Silokek dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata yang bisa menjadi ladang perekonomian masyarakat di Kabupaten Sijunjung.

"Kamis (25/4) setelah menghadiri kegiatan Satpol PP, saya langsung mengunjungi pusat informasi Geopark Nasional Silokek di Simpang Tugu Muaro Sijunjung. Saya lihat foto Silokek luar biasa, ini bisa menjadi sumber perekonomian masyarakat dari sektor pariwisata," ujarnya, Minggu, 28 April 2019.

baca juga: Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan Bukittinggi Dilantik di Istana Bung Hatta, Gubernur Turut Hadiri Kegiatan

Dilanjutkannya keindahan yang eksotik, warisan geologi, dan budaya serta keragaman fauna dan flora Geopark Nasional Silokek merupakan aset bagi pengembangan pariwisata. Namun butuh pengembangan terutama akses dan penunjang lain untuk kebutuhan pengunjung.

Akses jalan menuju Silokek dapat memberikan kemudahan sebagai akses transportasi. Lancarnya jalan menuju Silokek, mampu membuka peluang bagi pengembangan ekonomi rakyat melalui berbagai program utama oleh pemerintah.

baca juga: Gubernur Sumbar: Selama PSBB Kegiatan Keagamaan Dilaksanakan di Rumah

"Pengembangan Silokek harus menjadi perhatian utama sebagai destinasi wisata unggulan di Sijunjung," katanya.

Gubernur berharap dengan adanya Geopark Silokek ini nantinya juga bisa berkontribusi untuk pengembangan wisata di Sumbar.

baca juga: 14 Kabupaten dan Kota di Sumbar Rumahkan Siswa Hingga 31 Maret

"Kami siap membantu pendanaan dan peralatan untuk percepatan pembangunan kawasan Geopark Nasional Silokek," tuturnya.

Sementara Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyampaikan, pihaknya telah menyediakan bangunan sebagai pusat informasi. Di dalamnya terdapat pajangan batu dan foto - foto keindahan Silokek.

baca juga: Gubernur Sumbar Siapkan 20 Halaman Jawab Interpelasi BUMD

"Beberapa batuan yang dipajang di ruang tersebut terdiri dari kelompok batuan gamping, sedimen, metamorf, dan granit yang secara geologis, bebatuan di kawasan Silokek berumur kurang lebih 359 juta tahun," jelasnya.

Kata Yusril, batuan tersebut asli dari Silokek peninggalan aktivitas tektonik dan vulkanik yang terjadi ratusan tahun lalu.

Untuk diketahui, beberapa lokasi di Sumbar resmi ditetapkan menjadi Geopark Nasional . Daerah itu yakni Geopark Sawahlunto, Geopark Silokek Sijunjung dan Geopark Ngarai Sianok - Maninjau. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir