Lion Air akan Mendatangkan Pesawat Modern Airbus 330-900NEO

Airbus 330-900NEO
Airbus 330-900NEO (Dokumen Lion Air)

KLIKPOSITIF --   Lion Air  (kode penerbangan JT) member of  Lion Air Group akan mendatangkan pesawat generasi modern kategori badan lebar (wide body) Airbus 330-900NEO. Saat ini pesawat yang akan dioperasikan Lion Air memasuki tahap pengecatan (painting) dan proses pengerjaan lainnya di pabrikan Airbus.

Corporate Communications Strategic of Lion Air , Danang Mandala Prihantoro,dalam rilis yang diterima KLIKPOSITIF menyampaikan,  Lion Air pada 2018 telah memesan sepuluh unit Airbus 330-900NEO dan mempunyai opsi memperoleh empat pesawat sejenis.

baca juga: Selama Agustus, Penumpang Pesawat Terbang Meningkat

Menurutnya, seluruh pesawat yang dipesan oleh Lion Air merupakan jenis armada berkapasitas lebih besar dan akan melengkapi kekuatan tiga wide body  Lion Air Airbus 330-300 sekarang. Kesepuluh pesawat direncanakan untuk pengiriman bertahap ke Lion Air Group pada 2019 dan 2020. Pada tahun ini, Lion Air akan menerima dua pesawat .

Ia berharap pengiriman pesawat tersebut dapat berjalan lancar dan akan tiba sesuai waktu yang ditentukan. Kedatangan A330-900NEO di Indonesia dijadwalkan dalam waktu dekat, sehingga akan menempatkan Lion Air sebagai bagian jajaran maskapai pertama yang menggunakan armada ini.

baca juga: Pesawat N-250 Dimuseumkan, Legislator: Ironi dalam Pencapaian Iptek dan Inovasi Nasional

Dalam menyambut A330-900NEO, Lion Air juga sudah mempersiapkan secara optimal sejalan rencana pengoperasian antara lain sumber daya manusia (pilot, awak kabin, teknisi), layanan di darat (ground handling), pusat pelatihan dan hal-hal lain yang terkait.

"Momentum terbaik mengoperasikan pesawat baru telah menegaskan bahwa Lion Air mengutamakan program “revitalisasi atau peremajaan armada” dengan tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan (safety first). Langkah strategis ini sekaligus menjawab dinamika pasar, permintaan tren millennials traveling serta senantiasa menawarkan pengalaman mengesankan di setiap perjalanan udara supaya lebih maksimal," ujar Danang Mandala Prihantoro.

baca juga: ICW Pertanyakan Rencana Prabowo yang Ingin Beli 15 Pesawat Bekas

Ia melanjutkan, Lion Air akan memperkuat pengembangan bisnis penerbangan berkonsep low cost carrier (LCC), termasuk menambah layanan penerbangan jarak jauh (long haul). A330-900NEO dinilai tepat menjadi bagian pendukung model bisnis LCC dan mencerminkan keseriusan dalam memperluas jaringan secara efisien dengan tata letak kursi lorong ganda (double aisle) hingga 440 kursi penumpang.

Lion Air optimis dapat melayani berbagai sektor pasar perjalanan yang membutuhkan waktu tempuh hingga lebih dari 15 jam. Pengoperasian A330-900NEO di waktu mendatang akan memberikan nilai tambah kepada travelers, antara lain penerbangan ibadah (umrah) non-stop dari Makassar ke Madinah dan Jedddah, Balikpapan ke Jeddah, Surabaya ke Madinah, Solo tujuan Jeddah. Selain itu, Lion Air juga mempersiapkan ekspansi pasar wisata ke Asia Timur dan Asia Selatan ke beberapa kota di India.

baca juga: Dirut Garuda Indonesia: Ada Sinyal Kebangkrutan, Maskapai Sudah Tak Kuat Lagi Dihantam Corona

Lion Air sudah mempertimbangkan bahwa setiap sisi A330-900NEO memiliki kinerja operasional, teknologi modern, tingkat keandalan hingga dilengkapi fitur-fitur yang menawarkan kelebihan bagi wisatawan dan pebisnis (travelers) selama berada di dalam kabin.

A330-900NEO menghadirkan tingkat kenyamanan travelers dengan kabin paling senyap di kelasnya, menambah fitur utama dari kabin airspace, desain baru kompartemen bagasi kabin (overhead bin) yang memungkinkan lebih mudah mengatur dan menyimpan banyak barang bawaan di kabin. (*)

Penulis: Iwan R