Galian C Kembali Beroperasi, Warga Bukik Putuih Pessel Geram

Lokasi aktivitas galian C di Jalan Bukik Putuih
Lokasi aktivitas galian C di Jalan Bukik Putuih (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Masyarakat di Jalan Bukik Putuih, Nagari Talaok, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat geram dengan aktivitas galian C di daerah setempat. Dulu aktivitas tersebut sempat dihentikan, namun saat ini galian C itu kembali beroperasi.

"Aktivitasnya (galian C), itu kembali beraktivitas. Masih di lokasi yang sama, di sebelah galian C yang sempat dihentikan kemarin sebelumnya," ungkap Herman salah seorang warga setempat kepada wartawan, Kamis 9 Mei 2019.

baca juga: Jalan Menuju Kawasan Wisata di Pessel Ini Digenangi Air, Akses Pengunjung Terganggu

Aktivitas galian C ini, disebutkannya hanya berjarak beberapa meter dari lokasi aktivitas sebelumnya. Eskavator yang digunakan pengelola juga diinformasikan tampak berbeda.

"Kami tidak tahu kenapa beraktivitas kembali," ujarnya.

baca juga: 10 Tips Bersepeda 'Ala' Ketua ISSI Pessel

Menurutnya, masyarakat setempat sangat prihatin dengan kondisi tersebut, dan meminta agar pemerintah bisa menindaklanjuti. Sebab, selain sudah merusak lingkungan, juga mengancam keselamatan warga sekitar.

"Tadi malam satu orang pengendara mengalami kecelakaan di lokasi Galian C . Dan saat ini (Kamis 9 Mei) masih dirawat di RSUD M. Zein Painan, itu akibat dari gundukan material tanah dan bebatuan dari aktivitas galian C itu," ucapnya.

baca juga: Tim BNPB Verifikasi Usulan Pemkab Pessel Terkait Kebencanaan Daerah

Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Pessel , Suardi S mengatakan, bakal menindaklanjuti hal tersebut bersama pihak terkait. Sebab, diketahui aktifitas Galian C tersebut dipastikan tidak mengantongi izin.

"Rekomendasinya tidak ada kami terbitkan, dan dipastikan ilegal," tutupnya.

baca juga: Soal Anggaran COVID-19 di Pessel, DPRD Minta Pengawasan Penegak Hukum

[Kiki Julnasri]

 

Penulis: Iwan R