Bulan Ini, Pemko Sawahlunto Akan Bentuk UPT Dana Bergulir

Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti Menyerahkan Bantuan TSR Kota Sawahlunto Kepada Pengurus Musala Al Munawwarah
Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti Menyerahkan Bantuan TSR Kota Sawahlunto Kepada Pengurus Musala Al Munawwarah (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto akan membentuk unit pelayanan teknis (UPT) Dana Bergulir. UPT Dana Bergulir ditujukan kepada pengusaha kecil yang ingin mengembangkan usahanya.

"Dalam bulan ini akan kita bentuk UPT-nya. Ini ditujukan agar masyarakat tidak meminjam ke rentenir, biasa disebut pinjaman 46, maksudnya pinjam 4 kembalikan 6. Bunganya tidak besar cuma 3 persen pertahun," kata Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti di Musala Al Munawwarah, Desa Silungkang Tigo, Kecamatan Silungkang, Kamis 9 Mei 2019.

baca juga: 946 Pelaku Usaha Mikro di Sawahlunto Terima Modal Usaha Bantuan Presiden

Zohirin mengakui pihaknya dalam pembentukan UPT tersebut tidak bisa cepat terealisasi karena ada aturan yang mengatur dalam membentuknya.

"Karena melantik dalam pembentukan UPT tidak bisa buru-buru. Karena dalam aturan kami baru bisa melantik enam bulan pasca kami dilantik. Sekarang sudah bisa karena sudah 7 bulan," jelasnya.

baca juga: Mantan Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf Meninggal Dunia

Zohirin menjelaskan UPT Dana Bergulir hanya akan melayani pinjaman yang besarannya kecil. "Jumlah pinjaman yang akan dilayani tidak banyak, mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta saja. Ini memang untuk wirausaha kecil yang Ingin mengembangkan usahanya," tuturnya.

Diketahui, mengunjungi Musala Al Munawwarah merupakan kunjungannya sebagai Tim Safari Ramadan (TSR) Kota Sawahlunto dihari yang kedua. Dalam kesempatan itu TSR menyerahkan bantuan untuk musala sebesar Rp7,5 juta dan bingkisan untuk takmir musala.(*)

baca juga: Kunjungi Sawahlunto, Dubes India Diangkat Jadi Brand Ambassador Songket Silungkang

Penulis: Muhammad Haikal