H-1 Idulfitri, Perbaikan Jalan Seluruh Indonesia Dihentikan

Ilustrasi
Ilustrasi (Youtube)

KLIKPOSITIF -- Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengaku akan menghentikan sementara proyek perbaikan jalan pada pertengahan bulan Ramadan 2019. Menurutnya, hal itu dilakukan agar tak menanggu kendaraan para pemudik yang hendak merayakan Idulfitri di kampung halamannya masing-masing.

"Perbaikan sudah kita hentikan H-10. Semuanya di seluruh Indonesia, kalau ada perbaikan jalan . Semua perbaikan jalan dengan kondisi siap pakai," kata Basuki saat meninjau persiapan mudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (11/05/2019).

baca juga: 9 Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19, 8 Diantaranya Tenaga Kesehatan

Basuki memastikan jalan tol Trans Jawa sudah bisa dilalui oleh para pemudik. Meski telah siap dilalui, masyarakat harus tetap memperhatikan rambu lalu lintas.

Selain itu, kondisi kendaraan dan Kesehatan fisik harus diutamakan. Jangan memaksakan perjalanan jika kondisi badan lelah apalagi tidak sehat.

baca juga: Hati-hati, Ada Pocong Siang Bolong di Kota Padang

"Trans Jawa sudah bisa digunakan hingga Pasuruan. Itu kondisinya sudah 100 persen digunakan. Sudah siap dan sudah di operasikan dan sudah di resmikan semua," terangnya.

Jalan Trans Jawa yang sudah siap dilewati, memungkinkan pemudik bisa lebih cepat sampai Pelabuhan Merak untuk menyebrang ke Pulau Sumatera

baca juga: Anji Diperiksa Polda Soal Kasus Video Hadi Pranoto

Sehingga pengelola pelabuhan Merak dan Bakauheni, harus mempersiapkan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

"Antisipasi ini (pemudik) karena mobil ya akan lebih cepat sampai sini (Pelabuhan Merak). Infrastruktur untuk mudik sendiri antispasi kemacetan itu kaya perbaikan jalan , pembangunan," ujarnya.

baca juga: Digugat Pengacara Djoko Tjandra, Begini Reaksi Bareskrim Polri

Sedangkan jalan Trans Sumatera, masih terpotong-poting. Jalan yang sudah bisa dilewati rutenya mulai dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar, lanjut ke Kayu Agung hingga Palembang.

"Itu fungsional. Fungsional itu sudah rigid semua," jelasnya. (*)

Sumber: Suara.com

Penulis: Eko Fajri