Kemkominfo Berharap RUU Perlindungan Data Pribadi Disahkan DPR

Menkominfo Rudiantara
Menkominfo Rudiantara (Kominfo.or.id)

KLIKPOSITIF -- Menteri Kominfo Rudiantara meminta DPR RI segera membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas tahun 2019.

"Surat Presiden sebagai persetujuan pemerintah untuk pembahasan RUU di DPR RI akan segera dikirim. Kalau surat itu sudah dikirim, kami mohon dukungan DPR RI untuk segera membahas RUU Perlindungan Data Pribadi ini," kata Rudiantara pada rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Gedung MPR/ DPR /DPD RI, Jakarta.

baca juga: Dapat Kabar Jokowi Tandatangani UU Ciptaker pada 28 Oktober, Serikat Buruh dan Pekerja Rencanakan Hal Ini

Menurut Menteri Kominfo, RUU Perlindungan Data Pribadi ini sangat penting untuk segera diselesaikan dan diberlakukan menjadi peraturan perundangan-undangan, terutama terkait dengan internet dan penggunaan media sosial.

RUU perlindungan data pribadi, kata dia, sangat dibutuhkan karena data pribadi warga negara Indonesia dikelola banyak orang. "Regulasi ini untuk melindungi warga negara Indonesia, misalnya pada transaksi daring (online)," katanya.

baca juga: Bikin UU Bukan Permainan Petak Umpet, Peneliti Politik: Zaman Soeharto Pakai Mesin Ketik Tidak Terdengar Ada Typo

Setelah diberlakukan, UU Perlindungan Data Pribadi itu, menurut Rudiantara, dapat menjadi pedoman bagi penyelenggara dan pengguna aplikaksi digital. (*)

sumber: Suara.com

baca juga: DPR Sebut Pertisipasi Masyarakat Pada Pilkada 2020 Pasti Menurun

Penulis: Agusmanto