Capai 81.4 Persen, Partisipasi Pemilih di Pessel Lebihi Target Nasional

Simulasi Pemilu
Simulasi Pemilu (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat mencapai 81,4 persen dari total jumlah pemilih di daerah itu.

Komisioner KPU Pesisir Selatan , Medo Patria menyebutkan, 81,4 persen tersebut naik dari partisipasi pemilih Pemilu 2014 yang hanya mencapai 74 persen di bawah target KPU RI pada pemilu 2019.

baca juga: Cerita Pesepeda Asal Pessel yang Terkesan dengan Danau Kembar Solok saat Gowes

"Dan hasil partisipasi ini, juga melebihi target 77,5 persen dari KPU RI dan melebih target nasional secara keseluruhan," sebut Medo Patria kepada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, jumlah pemilih yang datang ke TPS pada pemilu 2019 ini berjumlah 270.384 pemilih dari 331.260 jumlah DPT.

baca juga: Khusus Untuk SD, Pemkab Pessel Ganti Pembelajaran Tatap Muka dengan Sistem Daring

"Pemilu sebelumnya 74 persen dengan 238.193 dari jumlah 323.149 pemilih di DPT," jelasnya.

Ia mengatakan, naiknya partisipasi pemilih pada pemilu 2019 ini disebabkan tingginya antusiasme untuk mendukung presiden, dan tingginya antusiasme untuk menolong caleg yang duduk di legislatif.

baca juga: Polres Pessel Tangkap Seorang Tersangka Judi Online

"Selain efek presiden, juga karena tingginya animo masyarakat dalam mendukung calonnya (Celeg). Jadi baik Pilpres dan Pilpres mendukung semuanya," terangnya.

"Setelah kabupaten dan provinsi yang sudah selesai, kita menunggu hasil pusat. Hasil pusat tanggal 22 Mei finalnya (paling cepat)," tutupnya.

baca juga: Pembelajaran Tatap Muka di Pessel, Siswa Hanya Sekolah Dua Sampai Tiga Hari dalam Seminggu

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R