Harga Bawang Putih di Sawahlunto Turun 44 Persen Perkilogram

Ilustrasi Pasar Tradisional
Ilustrasi Pasar Tradisional (Istimewa)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Sempat menempati harga Rp80 perkilogram di awal ramadan, harga bawang putih kembali merangkak normal dipekan kedua yakni Rp45 ribu perkilogram.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen, Distribusi dan Pengawasan Barang Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Sawahlunto Pemi Roza mengatakan penurunan harga bawang putih tersebut dikarenakan adanya penambahan stok yang dilakukan oleh pemerintah.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

"Sekarang sudah turun, turunnya sekitar 44 persen, ini juga diikuti oleh bawang merah yang pekan lalu Rp30 ribu sekariRp25 ribu perkilogram" katanya di Sawahlunto , Sabtu 18 Mei 2019.

Pemi melanjutkan, pihaknya terus melakukan pemantauan harga setiap pekannya. "Kita terus memantau perkembangan harga, mana yang naik dan yang turun kemudian kita laporkan ke atasan," ungkapnya.

baca juga: Dorong Sektor Pariwisata Kolom Sawahlunto Gelar Sayembara Cerita Rakyat

Dari data Dinas Koperindag Kota Sawahlunto , selain hampir semua bahan pokok tidak mengalami kenaikan bahkan mengalami penurunan harga.

"Kecuali cabe hijau, cabe hijau mengalami kenaikan hingga 30 persen, dari Rp20 ribu ke Rp26 ribu perkilogram. Kemudian cabe rawit turun dari Rp35 ke Rp30 ribu perkilogram," tutur Pemi.

baca juga: Sektor-sektor yang Akan Diaktifkan di New Normal Sawahlunto

Sementara itu, harga sayuran, beras dan gula pasir hingga daging terbilang stabil atau sama dengan pekan lalu. "Kecuali harga daging ayam broiler yang turun sebesar 13 persen atau jadi Rp22 ribu perkilogram," tutupnya.

Penulis: Muhammad Haikal