Stok Darah Minim, Sanggar Pituah Bundo Payakumbuh Gelar Donor Darah

Ilustrasi
Ilustrasi (Haswandi/KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Sanggar Pituah Bundo akan menggelar aksi donor darah pada Minggu 17 Juli 2016 pagi ini. Jika anda tertarik untuk mendonorkan darah, bisa langsung datang ke Ngalau Indah Payakumbuh , tempat aksi donor darah tersebut.

Pimpinan Sanggar Pituah Bundo Hendri 'Mamak' mengatakan aksi peduli ini dilakukan seiring banyaknya informasi yang disampaikan masyarakat dan beberapa pusat layanan kesehatan yang mengeluhkan minimnya ketersediaan stok darah di Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

baca juga: Lapas Kelas IIB Payakumbuh Serahkan Bantuan Sosial untuk Masyarakat Sekitar Terdampak COVID-19

"Minimnya stok darah di bank darah  dan banyaknya pesan berantai yang menginformasikan kekurangan darah berbagai golongan menjadi alasan utama kami dari Sanggar Pituah Bundo melakukan aksi peduli ini," ujar Mamak kepada KLIKPOSITIF , Sabtu 16 Juli 2016.

Untuk pusat kegiatan, aksi donor darah ini hanya akan dilakukan di Kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh , karena selain dinilai strategis, tempat itu juga merupakan salah satu pusat keramaian di Kota Payakumbuh terutama pada hari Minggu.

baca juga: Dukung Program Pemerintah, Lapas Klas IIB Payakumbuh Sukses Gelar Vaksinasi Tahap II

"Hari Minggu Ngalau Indah ini cukup ramai dikunjungi masyarakat yang berolahraga di akhir pekan. Kami berharap nanti akan ada banyak yang mendonorkan darahnya sehingga kebutuhan darah yang ada di RSUD dan Bank Darah dapat terpenuhi," kata Hendri yang aktif mengajar seni tradisi di beberapa sekolah di Payakumbuh dan Limapuluh Kota ini.

Ia menjelaskan aksi donor darah ini nantinya akan menjadi agenda rutin bagi Sanggar Pituah Bundo untuk ke depannya. Selain itu, masyarakat juga dapat menukarkan kartu donor yang lama dengan yang baru, sesuai ketentuan internasional.

baca juga: Lapas Payakumbuh Gelar Vaksinasi Gratis Untuk Masyarakat, Ini Jadwalnya

"Semoga kegiatan ini juga menimbulkan semangat untuk saling peduli antara masyarakat terutama dalam mendonorkan darahnya," kata Hendri berharap. (Ade Suhendra)

Penulis: Iwan R