Miris! Ibu dan Anak Kolaborasi Jual Sabu di Padang

Ibu dan anak tersangka penjual sabu diamankan personel Satres Narkoba Polresta Padang.
Ibu dan anak tersangka penjual sabu diamankan personel Satres Narkoba Polresta Padang. (istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ibu dan anak di Padang dibekuk tim Satres Narkoba Polresta Padang pada Minggu 26 Mei 2019 sekitar pukul 01.45 WIB di Jalan Ikan Mas No 36 A RT 003 RW 12, Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah, Kecamatan Padang Timur.

Ibu dan anak itu dibekuk lantaran keduanya diduga kuat sebagai pemasok narkoba jenis sabu untuk daerah Kecamatan Padang Timur. Penangkapan tersebut bermula dari informasi masyarakat tentang kegiatan jual beli narkoba yang dilakukan oleh Ryan (24).

baca juga: Gembong Narkoba Asal Tiongkok Kabur dari Tahanan dengan Gali Tanah, Anggota DPR: Tidak Masuk Akal

"Awalnya kami mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa tersangka atas nama Ryan (24) merupakan seorang pengedar narkoba ," ujar Kasat Res Narkoba Polresta Padang , AKP Dadang Iskandar.

Setelah melakukan penyelidikan, pihaknya langsung membekuk tersangka dan mengamankan barang bukti berupa empat paket narkoba jenis sabu siap edar. "Kami mengamankan tersangka ini saat dia sedang mengemas narkoba ini ke dalam plastik klep di rumah kosnya," lanjutnya.

baca juga: Polresta Padang Turunkan Ratusan Personil Amankan Tahapan Pilkada di KPU Sumbar

Setelah itu, pihaknya lansung menggiring Ryan Ke Mapolresta Padang untuk diinterogasi agar mengetahui jaringan peredaran narkoba tersebut. "Saat kami tanya darimana ia mendapatkan narkoba tersebut, pengakuannya ya dari ibu kandungnya atas nama Febri Yanti (52)," lanjutnya.

Setelah itu, pihak kepolisian lansung melakukan pengembangan untuk membekuk ibu tersangka yang menyuruhnya menjual narkoba tersebut. Febri Yanti dibekuk di rumahnya di Jalan M Thamrin No 40 Rt 01 Rw 01 Kelurahan Parak Rumbio, Kecamatan Padang Selatan saat menunggu anaknya pulang.

baca juga: Polres Pariaman Bekuk Seorang Pria Diduga Pengedar Narkoba

"Kami lansung melakukan penangkapan terhadap tersangka kedua yang saat itu sudah tidak bisa mengelak, karena kami sudah lebih dahulu membekuk anaknya," sambungnya.

Meskipun begitu, ia tidak memberi tahu tentang barang bukti narkoba lainnya serta kepada siapa ia membeli narkoba tersebut. "Saat melakukan penggeledahan, kami menemukan barang bukti narkoba lainnya sebanyak 44 paket siap edar yang diletakkan di belakang hiasan dinding rumah," lanjutnya.

baca juga: Polisi Kembali Amankan Empat Preman yang Bikin Resah Warga di Kawasan Air Mancur Pasar Raya Padang

Kedua ibu dan anak itu lansung digiring ke Mapolresta Padang untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Kedua tersangka terancam dengan pasal 114 ayat 2 Subs 112 ayat 2 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun penjara.

[Halbert Caniago]

Penulis: Agusmanto