Seminggu Terakhir, Mabes Polri Tetapkan 10 Tersangka Hoaks

Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo
Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo (net)

KLIKPOSITIF -- Kepolisian melalui Direkrorat Siber Bareskrim Polri beserta Polda di beberapa wilayah telah mengamankan para pelaku dan penyebar hoaks dalam kurun waktu seminggu pada akhir Mei 2019. Total ada sebanyak 10 pelaku hoaks yang juga telah ditetapkan menjadi tersangka.

Karo Penmas Mabes Polri , Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, kesepuluh tersangka ditangkap lantaran menyebarkan hoaks dalam periode 21-28 Mei.

baca juga: Ancam Mafia Bola, Ketum PSSI : Jangan Macam-macam Sekarang

"Ini saya sampaikan di awal sampai dengan tanggal 21 sampai 28 Mei, sudah ada 10 kasus hoaks yang saat ini ditangani Direktorat Siber Bareksim bersama beberapa Polda," kata Dedi di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (28/5).

Dedi berujar, penyebaran hoaks yang dilakukan pelaku didominasi ihwal aksi dan kericuhan yang berlangsung pada 21 dan 22 Mei. Pada tanggal tersebut, kata Dedi, aktivitas penyebaran kabar bohong juga melangami peningkatan.

baca juga: Mabes Polri Diserang, Ini Pesan Jokowi

"Akun-akun yang menyebarkan konten ujaran kebencian kemudian hoaks kemudian narasi yang sifatnya provokatif ini dalam rangka membangkitkan emosi publik ini berbahaya apabila dibiarkan begitu saja," ujar Dedi.

Salah satu tersangka kasus hoaks itu adalah Anggota Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, Mustofa Nahrawardaya.

baca juga: Polisi Sebut Penyerang Mabes Polri ZA Posting Bendera ISIS di Instagramnya

Mustofa Nahrawardaya ditahan Bareskrim Polri usai diperiksa Minggu (26/5/2019) Sore. Mustofa ditangkap Kepolisian dan dijadikan tersangka karena diduga menyebarkan berita bohong atau hoaks mengenai aksi 22 Mei yang berbuntut kericuhan.

Kuasa Hukum Mustofa, Djudju Purwantoro, merasa ada kejanggalan dari penangkapan sampai penahanan Mustofa yang ia nilai terlalu cepat.

baca juga: Saksi Mata : Setelah Tembakan Pertama Saya Keluar dari Mobil, Itu Saya Lihat Langsung Terorisnya

Menurut Djuju, Mustofa sudah dijemput oleh Kepolisian sejak Minggu sekitar pukul 02.00 WIB dini hari ini ditahan oleh Kepolisian Senin (27/5) WIB pukul 03.00 WIB. (*)

sumber: Suara.com

Penulis: Agusmanto