Dukung Keterampilan Wirausaha Digital, FIP UNP Gelar Workshop Film dan Website

(Ist)

KLIKPOSITIF - TP FIP UNP Kerjasama dengan Daron Labs Adakan Workshop Film dan Website
Kebutuhan terhadap pemahaman dan keterampilan digital dan kewirausahaan mendorong terlaksananya berbagai kegiatan pengembangan keterampilan wirausaha digital.

Untuk menjawab tantangan ini, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP bekerja sama dengan Daron Labs dan DILO PT Telkom kota Padang mengadakan Workshop Film dan Website di Lantai 2 Gedung Dilo Padang, Rabu (29/5).

baca juga: Pemkab Solsel Jalin Kerjasama dengan ISI Padang Panjang

Kegiatan ini akan diselenggarakan selama tiga bulan dengan dua belas kali kegiatan. Kegiatan ini buka secara resmi oleh dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) berharap “DILO dan Daron Labs sebagai mitra dapat membina hubungan lebih lanjut dan kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan” tutup dekan FIP UNP Dr. Alwen Bentri, M.Pd, (29/05).

Dekan FIP menyampaikan bahwa agenda ini mendukung program Kemenristekdikti, yaitu program meningkatkan keterampilan digital dan jiwa kewirausahaan.

baca juga: Jurusan Desain Mode Mulai Terima Mahasiswa Baru

Ketua pelaksana, Ulfia Rahmi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk lebih paham dan sadar terhadap perkembangan dunia digital dan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berwirausaha.

Menariknya, agenda ini akan dilaksanakan dengan sistem blended learning.

baca juga: ISI Padangpanjang Dipercaya Gelar UTBK

“Karena peminat workshop dengan profesi berbeda, berbeda usia, dan dari berbagai daerah,” Ujar Ulfia, Rabu (29/5). Sistem blended learning mengkombinasikan kegiatan workshop pertemuan langsung di kelas workshop dengan kegiatan workshop secara online.

Kegiatan ini menghadirkan Roni Efendi, pendiri Daron Labs sebagai pemateri bidang sinematografi, dan Arief Mardianto menyampaikan tentang pengenalan dan pembuatan website untuk kebutuhan wirausaha digital.

baca juga: Ratusan Mahasiswa ISI Padang Panjang Tuntut Rektor Lengser

Roni memandang bahwa materi-materi workshop ini, khususnya film menjadi kebutuhan utama dalam di era digital ini, terutama untuk pelaksana wirausaha Kota Padang dan lebih luas Sumatera Barat.

Gosan sebagai salah seorang peserta berasal dari UPI YPTK Padang mengungkapkan ketertarikkannya terhadap kegiatan ini karena ada hubungannya dengan perkuliahan dan memperoleh informasi dari sosial media DILO Padang.

Selain itu, Lara Gusnita yang berasal dari ISI Padang Panjang menghadiri kegiatan ini karena ingin meningkatkan keterampilan di bidang perfilman. Namun, Yurneli (43 th) tertarik mengikuti kegiatan ini karena adendanya fleksibel dan dapat disesuaikan dengan pekerjaannya.

“Kegiatan dengan sistem ini bagus sekali karena dapat juga belajar tanpa datang ke Dilo”. Motivasi terbesarnya ingin mengonlinekan usaha yang sudah 17 tahun dia geluti.

Penulis: Khadijah