Masuk Lokus Sengketa, KPU Solok Belum Pastikan Waktu Pengumuman

Ketua KPU Solok, Gadis bersama komisioner sampaikan evaluasi pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Solok.
Ketua KPU Solok, Gadis bersama komisioner sampaikan evaluasi pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Solok. (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok belum bisa memastikan jadwal pengumuman dan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD Kabupaten Solok .

Hal tersebut lantaran wilayah Kabupaten Solok masuk dalam salah satu lokus gugatan sengketa Pemilu yang diajukan oleh salah satu peserta pemilihan DPR-RI kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

baca juga: Tolak Dinyatakan TMS, Iriadi : Tanding Jalan Kaki Dari Solok ke Padang Saya Sanggup

"Kita masih menunggu instruksi dari KPU-RI, Apakah dijadikannya kabupaten Solok sebagai lokus sengketa ditingkat pemilihan DPR-RI berdampak pada agenda pengumuman untuk calon DPRD Kabupaten Solok ," ungkap Ketua KPU, Gadis, kemarin.

Setidaknya ada 7 daerah yang menjadi lokus gugatan, diantaranya Kecamatan Gunung Talang, Kubung, Bukit Sundi, Lembang Jaya, Kecamatan X Koto Diateh, Singkarak dan Junjung Sirih.

baca juga: KPU Kabupaten Solok Tetapkan Nomor Urut Paslon Peserta Pilkada 2020

"Kita sudah menyiapkan alat bukti dan jawaban yang akan disampaikan pada sidang di MK," sebut Gadis didampingi komisioner lainnya.

Kendati masuk salah satu lokus sengketa Pemilu, Gadis mengatakan, pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 di Kabupaten Solok berjalan lancar, nyaris tanpa kendala berarti.

baca juga: Pasangan Iriadi - Agus Syahdeman Ajukan Gugatan ke Bawaslu Kabupaten Solok

Sementara itu, tingkat partisipasi masyarakat juga meningkat dari 72 persen pada pemilihan sebelumnya menjadi 74 persen pada pemilu serentak kemarin.

"Meski belum signifikan, namun menampakkan tingkat kesadaran masyarakat terus menunjukkan peningkatan," tutupnya.

baca juga: Minus Iriadi - Agus, KPU Tetapkan Tiga Paslon di Pilkada Solok 2020

[Syafriadi]

Penulis: Agusmanto