Bom Bunuh Diri Kartasura, Polisi Bersenjata Siaga di Pos Lebaran Surabaya

Peristiwa bom bunuh diri di Pospam Kartasura, Jawa Tengah.
Peristiwa bom bunuh diri di Pospam Kartasura, Jawa Tengah. (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Setelah ledakan bom  bunuh diri di Pos Polisi Kartasura Sukoharjo, Jawa Tengah, pihak Polrestabes Surabaya melakukan penebalan pengamanan. Polisi bersenjata berjaga di pos Lebaran di sana.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Polisi Sandi Nugroho menjelaskan melalui pesan singkat  dilansir dari Suara.com, jaringan KLIKPOSITIF , bahwa pengamanan untuk Pospam serta peningkatan Patroli di semua titik Kota Surabaya.

baca juga: Lagi, Kereta Api Sibinuang Hantam Mobil di Padang

"Pospam tetap diamankan dan dilakukan penebalan kekuatan serta peningkatan patroli terbuka dan tertutup di wilayah Kota Surabaya," ungkapnya.

Sandi mengeluarkan imbauan pada masyarakat Surabaya, agar tetap waspada, terutama di Forpimda Kota Pahlawan.

baca juga: Terungkap, Ini 9 Lokasi Raja Muda Beraksi Sebelum Ditangkap Polisi di Padang

"Diimbau pada masyarakat Kota, untuk meningkatkan kewaspadaan, serta antisipasi bersama seluruh komponen masyarakat, TNI atau Polri, dan Pemda untuk jogo Suroboyo," imbuhnya.

Sementara, di beberapa tempat vital dan Pospam, pasukan sudah melengkapi diri dengan dilengkapi senjata laras panjang dan rompi. Bahkan salah satu tempat vital di Surabaya, yakni Mapolrestabes Surabaya, ditingkatkan keamanannya.

baca juga: Asrama SMP IT Darul Hikmah di Pasbar Terbakar

Seperti yang diucapkan Kapolsek Genteng, AKP Anggi Saputra, membenarkan adanya perintah dari Kapolrestabes, soal mempertebal keamanan.

"Di Pospam, kami sudah mempertebal keamanan, terutama di Pospam depan Plasa Surabaya. Tapi sebenarnya penebalan keamanan sudah dilakukan sebelum adanya Bom di Pos Polisi Kartasura Sukoharjo, memang tujuannya untuk keamanan Lebaran," ujar Anggi ke Suara.com.

baca juga: Raja Muda Lakukan Perlawanan Saat Ditangkap, Satreskrim Padang Hadiahi Timah Panas

Senada dengan Anggi, Kapolsek Wonokromo, AKP Christopher Adhikara Lebang, juga sudah melakukan instruksi dari Kapolrestabes.

"Tadi Pak Kapolrestabes menghubungi pukul setengah dua dini hari, agar mempertebal keamanan Pospam," pungkasnya.

Detik-detik ledakan bom bunuh diriSukoharjo di Pospam 1 Tugu Kartasura, Jalan Ahmad Yani Bundaran Kartasura, terjadi pada Senin (4/6) malam sekira pukul 22.30 WIB.

Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Gede Yoga menjelaskan berdasarkan saksi mata pelaku sempat berjalan di dekat pos pengamanan.

Sekira pukul 22.20 WIB ada orang tidak dikenal berjalan dari arah selatan berjalan menuju Pospam Kartasura. Lelaki yang berjalan itu megenakan kaos hitam dan celana berbahan denim.

"Sekitar pukul 22.20 Wib saksi pada saat membetulkan TOA di pos pantau Pospam 1 Tugu Kartasura melihat orang yang tidak dikenal berjalan dari arah Selatan berjalan menuju Pospantau Pospam tugu kartasura memakai Kaos warna hitam dan celana jins dengan menggunakan headset," kata Gede Yoga dalam pernyataanya, Senin malam.

Kemudian saksi melihat orang yang tidak dikenal tersebut duduk di trotoar depan Pospantau Pospam Tugu Kartasura. Sekitar pukul 22.30 WIB terjadi ledakan.

Ledakan terjadi pas di depan Pos pantau pospam tugu Kartasura. Ledakan itu mengakibatkan orang yang tidak dikenal tersebut terluka.

"Kemudian saksi dan anggota Polri yang berada di Pos pantau pospam tugu Kartasura menyelamatkan diri dan mensterilkan TKP. Orang yang tidak dikenal tersebut tergeletak dengan kondisi luka-luka," kata Gede Yoga. (*)

sumber: Suara.com

Penulis: Agusmanto