Hari Terakhir Lebaran, Objek Wisata di Pasbar Diminta Memanjakan Wisatawan

Para Pedagang yang berjualan di Objek Wisata Pantai Pohon Seribu Sasak.
Para Pedagang yang berjualan di Objek Wisata Pantai Pohon Seribu Sasak. (istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sekretaris Daerah Pemerintahan Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ), Yudesri menilai sejumlah objek wisata di daerah itu memberikan dampak positif terhadap perekonomian warga di sekitar lokasi wisata.

Menurutnya, di sejumlah objek wisata pantai terlihat antusias pengunjung saat mengunjungi beberapa objek wisata di Pasaman Barat. "Tentu hal ini berdampak positif terhadap naiknya pemasukan masyarakat yang berada di lokasi wisata setempat dari berjualan dan lain-lain," katanya, Minggu (9/6).

baca juga: Untuk Pecinta Gowes, Yuk Telusuri Trek Gunung Talamau di Pasbar

Jelas Yudesri, sebelum Lebaran, pihaknya telah melaksanakan rapat persiapan serta penentuan personel yang bertugas di setiap lokasi wisata. "Alhamdulillah, para personel tersebut sudah melaksanakan tugas dengan baik di lapangan," ucap Yudesri.

Sejumlah aparatur pemerintah, seperti Pol-PP, BPBD, Dinas Pariwisata, Dishub dan pihak Kecamatan serta dibantu personel TNI-Polri dipersiapkan dan selalu siap di lokasi wisata dalam mewujudkan keamanan serta kenyamanan para pengunjung wisata di Pasaman Barat.

baca juga: Wisata Pemandian Pincuran Tujuh dan Batu Lipek Kain, Keindahan Alam yang Tersembunyi di Kinali

Dia memprediksi, tingkat kedatangan wisatawan di sejumlah objek wisata yang ada di daerah itu diperkirakan akan mencapai puncak pada hari ini. Sebab, hari terakhir libur Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, namun lokasi yang lebih mendominasi tentu daerah wisata pantai.

Yudesri berharap, semoga para pengunjung baik wisatawan lokal maupun luar, dapat menikmati suasana alam serta merasakan kenyamanan dan keamanan berwisata di wilayah Pasaman Barat. Disamping itu, tingkat perekonomian masyarakat lokasi wisata tersebut menjadi lebih baik.

baca juga: Cerita Pengusaha Otomotif di Pasbar yang Kembangkan Kapulaga dari Hasil Sawit

Sementara itu, Tim Ombudsman Republik Indonesia Wilayah Sumatera Barat juga melakukan serangkaian kunjungan disejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, seperti Objek Wisata Pantai Air Bangis, Objek Wisata Pulau Pigago dan Objek Wisata Pantai Sasak.

Tim berkunjung untuk melihat bagaimana keseriusan pemerintah daerah setempat dalam mengelola serta melayani para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata. Hal ini terlihat dengan siaganya gabungan personel dan pemuda setempat di lokasi wisata.

baca juga: Warga Pasbar Sudah Boleh Gelar Resepsi Pernikahan, Ini Syaratnya

Kunjungan tim Ombudsman yang dipimpin oleh Rendra Catur Putra pada Jumat (7/6) lalu. Pihaknya sangat mengapresiasi pelayanan pemerintah Pasaman Barat dalam menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung di sejumlah objek wisata.

"Untuk tiket masuk disejumlah objek lokasi wisata di Pasaman Barat masih dalam batas kewajaran, jika dibandingkan dengan beberapa objek wisata lainnya di berbagai wilayah Sumatera Barat," ungkap Rendra Catur Putra.

[Irfan Pasaribu]

Penulis: Agusmanto