Penjinak Bom Amankan Granat Tangan Aktif yang Ditemukan Warga Agam di Kuburan

Penjinak bom amankan granat tangan di Agam
Penjinak bom amankan granat tangan di Agam (Dokumentasi Polres Agam)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Anggota penjinak bom (Jibom) dan Gegana Sat Brimob Polda Sumbar mengamankan bahan peledak militer jenis granat tangan (nanas) di Jorong Kandih, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam , Minggu 9 Juni 2019.

Pengamanan yang dilakukan oleh 6 personel penjinak bom disaksikan personel Polres Agam , Polsek Tanjung Raya, jorong, wali nagari dan pihak terkait lainnya.

baca juga: Survei IKM: Mutu Pelayanan Publik Pemkab Agam Baik

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi mengatakan, granat tangan yang diamankan masih aktif dengan diameter 6,5 centimeter dan berat lebih kurang 700 gram, serta panjang 11 centimeter.

"Penanganan dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam kotak yang berisi pasir kemudian dibungkus dengan selimut bom (bom blangket) untuk di bawa ke Mako Sat Brimob Polda Sumbar," kata AKBP Ferry Suwandi mengutip relis yang diterima KLIKPOSITIF .

baca juga: Disparpora Agam Dorong Terbentuknya Pokdarwis

Dihubungi terpisah, Camat Tanjung Raya Handria Azmi mengatakan, granat tangan tersebut ditemukan pertama kali oleh warga yang ziarah ke makan keluarga.

"Penemuannya sekitar dua hari yang lalu. Ada warga yang sedang ziarah ke pemakaman melihat granat tangan berada dekat kuburan," kata Handria Azmi, Minggu malam.

baca juga: Kualitas Hidup Masyarakat Agam Terus Meningkat

Penulis: Rezka Delpiera