Pemko Sawahlunto Sandingkan Pasar Songket Dengan Rumah Makan Untuk Daya Tarik Pengunjung

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta Saat Berbincang Dengan Herman Nawas di Pasar Songket Muaro Kalaban
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta Saat Berbincang Dengan Herman Nawas di Pasar Songket Muaro Kalaban (Istimewa)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -- Minimnya kunjungan ke Pasar Songket di Simpang Tiga Muaro Kalaban, membuat Pemerintah Kota (Pemko) mencari cara bagaimana pasar yang dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan 2015 untuk bisa dimanfaatkan kembali.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Diskoperindag) Kota Sawahlunto Marwan mengaku, sepinya pengunjung ke Pasar Songket berdampak kepada daya ekonomis pedagang didalamnya. Untuk itu, sambungnya, perlu inovasi agar ada daya tarik pengunjung untuk singgah kesana, dengan cara mengajak pengusaha rumah makan asal Sawahlunto yang sudah sukses di perantauan yakni Herman Nawas.

baca juga: Selama Enam Bulan, Sumbar Diguncang 196 Kali Gempa

"Dulu juga pernah ditempati oleh Asosiasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), namun karena kunjungan kesini memang kurang, tidak berjalan optimal. Mengajak perantau untuk berinvestasi di Pasar Songket merupakan langkah strategis yang dapat dilakukan," katanya di Sawahlunto , Senin 17 Juni 2019.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, Bapak Herman Nawas  sangat antusias dan merespon positif ajakan Pemko Sawahlunto saat mengunjungi Pasar Songket pada Minggu 16 Juni 2019 kemarin. Ia menyatakan akan melakukan gerak cepat untuk bisa terealisasi.

baca juga: Pengisian Premium dengan Tangki Modifikasi, Disperindag : Kami Minta Kerja Sama Pemilik SPBU

"Alhamdulillah penawaran kita pada pak Herman Nawas disambut dengan baik. Kit memang lakukan penawaran tersebut sebagai solusi untuk menarik pengunjung ke Pasar Songket. Salah satunya ya dengan menyandingkannya dengan rumah makan," ujarnya.

"Dalam Minggu ini, pak Sekda akan mengkoordinir semuanya, bersama Organisasi Perangkat Daerah terkait, sehingga sehingga peluang emas kerjasama dengan Pak Herman Nawas ini benar-benar terealisasi sesegera mungkin," pungkasnya lagi.

baca juga: DPRD Lima Puluh Kota Desak Pemkab Bangun Pusat Rehabilitasi ODGJ

Rencana Pemko Sawahlunto tersebut, disambut baik oleh Ketua DPRD Kota Sawahlunto , Adi Ikhtibar. Ia mengaku juga ikut mendampingi pria pemilik salah satu Universitas Swasta terkemuka di Kota Padang tersebut saat melihat Pasar Songket.

"Dari legislatif, tentu kita dukung langkah ini, sebab ini akan memberdayakan Pasar Songket yang selama ini kurang maksimal. Dengan adanya rumah makan, nantinya akan menggeliatkan nilai ekonomis yang akan berdampak bagi masyarakat. Tentunya Pemko agar dapat melaksanakan ini sesuai ketentuan, baik itu regulasi dan administrasi agar tidak terjadi apa-apa dikemudian hari," kata Adi Ikhtibar.(*)

baca juga: Lima Puluh Kota Kembali Catatkan 2 Kasus Positif COVID-19

Penulis: Muhammad Haikal