Jurusan Desain Mode Mulai Terima Mahasiswa Baru

ISI Padangpanjang kembali membuka sebuah Jurusn yang diharapkan dapat berkontribusi banyak bagi pengembangan industri kreatif
ISI Padangpanjang kembali membuka sebuah Jurusn yang diharapkan dapat berkontribusi banyak bagi pengembangan industri kreatif (Ist)

PADANGPANJANG, KLIKPOSITIF - ISI Padangpanjang kembali membuka sebuah Jurusn yang diharapkan dapat berkontribusi banyak bagi pengembangan industri kreatif. Jurusan itu adalah Desain Mode. Menerima mahasiswa pertama kali di ahun ini, Jurusan ini digadang-gadang bakal sangat diminati oleh generasi muda.

Rektor ISI Padang Panjang Prof Novesar Jamarun mengatakan, tujuan dibukanya jurusan ini adalah untuk menghasilkan desainer yang terampil dan profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. "Para mahasiswa nantinya akan difokuskan kepada perancangan desain fashion tradisi dan modern, penciptaan dan pemasaran produk desain mode yang berkelanjutan sehingga dapat diterima masyarakatl lokal, nasional dan internasional," katanya.

baca juga: Pemkab Solsel Jalin Kerjasama dengan ISI Padang Panjang

Peluang bagi para lulusan jurusan baru ini menurut rektor akan sangat besar untuk mengambil peran dalam dunia fashion tanah air. "Selain sebagai desainer, tamatan jurusan desain mode punya peluang pula untuk berkarir sebagai desainer konsultan, widyaswara, maupun sebagai enaga pendidik dan peneliti di bidang mode," katanya.

Dijelaskan rektor, berdirinya jurusan ini juga merupakan sebuah jawaban atas tantantang pihak kemenristek Dikti agar perguruan tinggi seni lebih berkonsentrasi pada pengembangan industri kreatif tanah air.

baca juga: Dukung Keterampilan Wirausaha Digital, FIP UNP Gelar Workshop Film dan Website

"Kita melihat industri kreatif tanah air, khususnya di bidang fashion terus menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Disana ada peluang bagi kita untuk menemapatkan alumni kita dari jurusan ini," sebutnya.

Berkarir di dunia fashion memang merupakan peluang yang menjanjikan masa depan cerah, mengingat tingginya nilai ekonomi pada karya-karya fashion bermutu.

baca juga: ISI Padangpanjang Dipercaya Gelar UTBK

Sementara itu, pembantu Rektor I Dr Andar Indera Sastra mengatakan untuk tahap awal ini, pihak rektorat menargetkan penerimaan ebanyak 40 orang mahasiswa baru. "Penerimaan baru kita lakukan untuk jalur khusus. Mudah-mudahan tahun ajaran depan akan lebih banyak lagi jalur yang kita buka," sebutnya.

Senada dengan rektor, PR II juga menilai perkembangan dunia fashion saat ini sangat memungkinkan sebagai wahana berkarir bagi alumni jurusan yang baru didirikan. "Ini jadi tantangn sekaligus peluang bagi perguruan tinggi seni. Dan ISI Padang Panjang cmulai menjawab dengan mendirikan jurusan ini. Selanjutnya, sesuai dengan tuntutan tridharma perguruan tinggi, selain pendidikan, akademisi Jurusan ini juga akan mengambil peran dalam bidang penelitan dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan bidangnya," katanya.(*)

baca juga: Ratusan Mahasiswa ISI Padang Panjang Tuntut Rektor Lengser

Penulis: Fitria Marlina