Tahun Ini, 40 Nagari Akan Melaksanakan Pilwana di Sijunjung

Pelantikan Panitia Pemilihan Wali Nagari (PPWN) Kabupaten Sijunjung di Gelanggang Olahraga Sibinuang Sakti, Senin 1 Juli 2019
Pelantikan Panitia Pemilihan Wali Nagari (PPWN) Kabupaten Sijunjung di Gelanggang Olahraga Sibinuang Sakti, Senin 1 Juli 2019 (Istimewa)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan, di tahun ini di Kabupaten Sijunjung 40 Nagari akan mengadakan pemilihan Wali Nagari . Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) tersebut diperkirakan dilaksanakan pada bulan September mendatang.

Pesta demokrasi di tingkat pemerintahan paling bawah tersebut merupakan suksesi atau pergantian kekuasaan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan. Dimana, lanjut Yuswir, jabatan Wali Nagari diatur masa jabatannya, apabila sudah berakhir harus dilaksanakan pergantian dengan pemilihan langsung.

baca juga: Ninik Mamak Kecamatan IX Koto Nyatakan Dukungan Ke Pasangan SR-Labuan

"Diharapkan proses berjalan sesuai dengan aturan dan tahapan yang telah ditetapkan," katanya saat melantik Panitia Pemilihan Wali Nagari (PPWN) Kabupaten Sijunjung di Gelanggang Olahraga Sibinuang Sakti, Senin 1 Juli 2019.

Ia menambahkan, para PPWN dan masyarakat untuk dapat menyelenggarakan Pilwana yang berkualitas dan berintegritas, kemudian yang paling penting lagi demokratis, efektif, efisien, akuntabel dan aspiratif.

baca juga: Instruksi Pelarangan Pesta Nikah Diabaikan Warga, Pemkab Pessel : Camat dan Wali Nagari Harus Proaktif

"Semua itu hendaknya terwujud. Mari kita saling bahu membahu, semua ini untuk kemajuan Nagari, kemajuan Kabupaten Sijunjung ," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (PMN) Kabupaten Sijunjung Khamaiardi mengatakan, jumlah PPWN yang dilantik sebanyak 280 orang. Setiap nagari, ada satu kelompok PPWN yang berjumlah 7 orang, terdiri dari Ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris dan 3 anggota.

baca juga: Pemko Pariaman Kembali Salurkan Bibit Pertanian

"Selain apa yang disampaikan Bupati, PPWN harus bisa merencanakan, mengkoordinasikan, menyelenggarakan, mengawasi dan mengendalikan semua tahapan Pilwana," ujarnya.(*)

Penulis: Muhammad Haikal