Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019, Ajang Promosikan Hasil Peternakan di Sumbar

Penggemukan sapi
Penggemukan sapi (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF   - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapreasi kegiatan Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 yang digelar di Kota Padang selama 26-28 Juni telah berakhir sukses.

Event tahunan yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan ini merupakan ajang pemanasan jelang Pekan Nasional (Penas) Tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI tahun 2020 yang bakal digelar di Sumbar.

baca juga: LPPM Unand Gelar Pelatihan Teknologi Produksi Ransum Unggas Lokal di Pulau Rajo Pessel

"Sebagai ajang pemanasan, kegiatan ini telah menarik minat masyarakat dan sukses. Terutama dalam segi promosi hasil peternakan yang ada di Sumbar," ujarnya, Senin, 1 Juli 2019. 

Dilanjutkannya, dengan dipromosikannya hasil peternakan yang ada di 19 kabupaten/kota se-Sumbar dapat memotivasi peternak untuk lebih meningkatkan produksinya sekaligus memperluas jejaring usaha serta akses permodalan.

baca juga: GPPU Indonesia: Peternakan Indonesia Mesti Berubah

"Sebagaimana sesuai tema yang diangkat yakni, melalui Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 kita tingkatkan pemberdayaan peternak sebagai mitra dalam pembangunan peternakan ," tuturnya.

Selain itu ungkapnya, kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang peningkatan pengetahuan dan wawasan bagi para peternak, warga dan pihak terkait lainnya. Salah satunya dalam upaya peningkatan produksi daging di Sumbar.

"Sebagaimana saat ini peternak di Sumbar masih belum bisa memenuhi kebutuhan daging sapi. Sementara ketersediaan stok daging sapi masih didatangkan dari luar daerah," katanya.

baca juga: Dinas Peternakan Provinsi Upayakan Mentawai Jadi Setral Pengembangan Sapi

Ia harap para petani dan peternak dapat mengambil manfaat dari kegiatan itu. Menumbuhkan semangat dalam berusaha, tingkatkan kemampuan dalam berkolaborasi dan bersinergi serta menjadi peternak yang tangguh, mandiri dan visioner ke depan hingga masa-masa yang akan datang.

"Mari jadikan ajang ini evaluasi dan persiapan untuk menghadapi Penas KTNA pada Juni 2020 mendatang," tegasnya.

baca juga: Populasi Kerbau Sumbar Menurun Hingga 30 Ribu Ekor

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Erinaldi mengatakan, pada ajang Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya kontes ternak dari para peternak se-Sumbar. Kemudian juga ada stan promosi dari pemerintah kabupaten/kota se-Sumbar terkait peternakan dan keswan. Serta, kegiatan lainnya.

"Untuk itu, kita sangat berterimakasih dan apresiasi kepada Kota Padang selaku tuan rumah telah sukses dalam menggelar Livestock Expo dan Kontes Ternak tahun ini yang telah berakhir sukses," ungkapnya. (*) 

Penulis: Joni Abdul Kasir