PPDB Online SMA Dibuka, Orangtua Murid di Padang Masih Bingung

Ilustrasi/KLIKPOSITIF
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) online tingkat SMA/SMK di Sumbar resmi dibuka Kamis (4/7) hingga Sabtu (6/7). Namun masih ada orangtua murid masih bingung dengan sistem zonasi yang diterapkan pemerintah tersebut.

Rifnaldi (55), warga Pegambiran mengaku masih setengah bingung dengan diterapkannya PPDB online dalam penerimaan tahun ini. Apalagi sistem zonasi itu, kata Rifnaldi, makanya hari ini dirinya datang lebih awal sekaligus mau memantau informasi terkait sistem zonasi.

baca juga: Puluhan Guru Swasta Datangi DPRD Padang Terkait PPDB

"Masih mantau-mantau, cari informasi karena baru pertama dibuka mau cari tau bagaimana prosedurnya. Masih setengah bingung ya karena kemarin saya lihat di internet ada tiga pilihan katanya, kemudian dipantau lewat websitenya juga belum bisa dientri," katanya, Kamis, 4 Juli 2019.

Rifnaldi berharap dalam PPDB online bisa lebih disederhanakan lagi, serta Dinas Pendidikan setempat perlu intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Agar hal tersebut tidak membingungkan orangtua maupun wali murid yang gagal teknologi (gaptek).

baca juga: Gagal Login Saat Daftar Ulang, 25 Calon Siswa dalam Zonasi di Pessel Terancam Tidak Sekolah

"Websitenya dibuka juga belum bisa entri data, seharusnya pemerintah lebih aktif lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Oke lah bagi orangtua yang bisa internetan, bagi yang gaptek bagaimana, gak dapat informasi kan," ujar Rifnaldi.

Hal berbeda diutarakan Japrinur, 59, dengan adanya sistem zonasi tersebut menjadi peluang bagi dirinya untuk menyekolahkan anaknya di sekolah favorit. Lantaran, dia menginginkan anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

baca juga: BMPS Adukan Persoalan PPDB ke DPRD Sumbar

"Bersyukur ya pemerintah menerapkan sistem zonasi ini, karena saya bisa menyekolahkan anak saya di sekolah yang berkualitas," ujar Japrinur.(*) 

Penulis: Joni Abdul Kasir