Kebakaran Hutan di Riau Tidak Berdampak ke Pessel

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan, Jumsu Trisno
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan, Jumsu Trisno (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat ikut memantau dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau belakangan ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesisir Selatan , Jumsu Trisno mengungkapkan, dari hasil pemantauan pihaknya, tingkat polusi udara di  Pessel masih dalam kondisi baik dan belum berdampak apapun.

baca juga: Soal Perpindahan Ahda Yanuar ke Provinsi, Plh Sekda Pessel Akui Belum Terima Surat Resmi

"Indeks Standard Pencemar Udara (ISPU) kita masih baik, yakni di 72 persen dan belum merasakan dampak kebakaran yang terjadi di Riau," sebut Jumsu Trisno di Painan, Jumat 5 Juli 2019.

Ia menjelaskan, hal itu sesuai dengan pemantauan kualitas udara melalui alat air quality monitoring system/AQMS yang terpasang di bukit RCTI Painan - Pessel .

baca juga: Sentil Soal Pelayanan Kesehatan, Rusma Yul Anwar: Laporkan Kepada Saya Jika Ada Aparatur Menolak

Kendati demikian, sejauh ini pihaknya masih terus memantau terhadap perkembangan kebakaran yang terjadi, dan jika ada dampak signifikan DLH akan mengimbau masyarakat untuk waspada.

"Namun itu kemungkinan kecil akan terpapar. Sebab, iklim daerah kita berbeda dengan daerah sana dan jarak kita juga jauh," tutupnya.

baca juga: Usai Jabat Dua OPD di Pessel, Ahda Yanuar Kembali ke Pemprov

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R