Tutup Perjusami di Limapuluh Kota, Danrem 032/Wirabraja Minta Kemampuan Bela Negara Pramuka Binaan Korem Ditingkatkan

Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo menyalami seluruh pemenang perlombaan yang digelar dalam kegiatan Perjusami di Limapuluh Kota, Minggu, 7 Juli 2019.
Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo menyalami seluruh pemenang perlombaan yang digelar dalam kegiatan Perjusami di Limapuluh Kota, Minggu, 7 Juli 2019. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arif Wibowo , S.I.P, menutup secara resmi Perjusami Tingkat Korem 032/Wirabraja yang digelar di wilayah Kodim 0306/Limapuluh Kota, tepatnya di kawasan di Taram, Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Penutupan Perjusami yang digelar  sejak Jumat kemarin itu, ditutup melalui upacara yang diselenggarakan Minggu, 7 Juli 2019. Pada penutupan tersebut, turut hadir Kasrem 032/Wbr Kolonel Inf Edi Nurhabad, seluruh Dandim di jajaran Korem 032/Wirabraja, dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 032/Wirabraja, Ny. Kunto Arief Wibowo.

baca juga: Berpulang, Jendral Purnawirawan Pramono Edhie Wibowo Dimakamkan di TMP Kalibata

Kemudian, juga hadir Kabag Ops Polres Limapuluh Kota, Kompol Efrizal, Ketua DPRD Limapuluh Kota, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota dan Pemko Payakumbuh, serta sejumlah tokoh masyarakat di kawasan Harau. 

Danrem selaku Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Korem 032/Wirabraja dalam sambutannya, mengapresiasi dan berharap agar seluruh Pramuka binaan Korem 032 lebih meningkatkan kemampuan dalam Bela Negara. "Ke depan, Pramuka binaan Korem harus lebih meningkatkan kemampuan Bela Negara," kata Danrem , Minggu.

baca juga: Mulai Hari Ini TNI dan Polri Diperintahkan Disiplinkan Masyarakat Empat Provinsi

Setelah upacara penutupan, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Piala, Piagam dan uang pembinaan kepada peserta Perjusami yang berhasil memenangkan sejumlah perlombaan yang digelar dalam rangka Perjusami Tingkat Korem 032/Wirabraja di wilayah Kodim 0306/Limapuluh Kota.

Piala dan Hadiah untuk pemenang, diserahkan langsung oleh Danrem 032/Wirabraja, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 032/Wirabraja, Ny. Kunto Arief Wibowo, Kasrem, dan para Dandim di lingkungan Korem 032/Wirabraja.

baca juga: Dukung Ketersediaan Pangan Saat Darurat COVID-19, KSAD: TNI Siap Jadi Petani

Untuk lomba HTF,  Juara I diraih Tim Saka Kodim 0306/Limapuluh Kota, Juara II Saka Kodim 0312/Padang, dan Juara III Saka Kodim 0308/Pariaman. Untuk Lomba Pentas Seni, Juara I diraih Saka Kodim 0304/Agam, Juara II SWK Kodim 0319/Mentawai, dan Juara III Kodim 0307/Tanah Datar.

Sedangkan pada Materi Pemecahan Permasalahan (MPP), Juara I direbut oleh Saka Kodim 0312/Padang, Juara II Saka Kodim 0305/Pasaman, dan Juara III oleh Tim Saka Kodim 0306/Limapuluh Kota. Sedangkan pada lomba bongkar pasang senjata, Juara I Saka Kodim 0310/SSD,
Juara II Saka Kodim 0311/Pessel, dan Juara III direbut oleh Saka Kodim 0309/Solok.

baca juga: Anggota Korem Wirabraja Nyaris Ditabrak Mobil, Kasiops: Saat Dihentikan Ada yang Marah-marah dan Mengaku Anggota Dewan

Saat dikonfirmasi awak media tentang pelaksanaan Perjusami kali ini, Jenderal bintang satu yang murah senyum itu mengungkapkan, mengenai hasil peserta dan panitia yang lebih tahu, kedepan pihaknya akan mengevaluasi kegiatan ini untuk mencari metode yang menyesuaikan dengan lingkungan dan tuntutan masyarakat.

"Kita sama-sama mencarikan solusinya. Saya berharap melalui Perjusami kali ini, para peserta dapat memaknai permasalahan dan berani mengambil keputusan," ujarnya. Untuk Perjusami berikutnya, tambah Danrem , pihaknya belum bisa memastikan Kodim manya yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Kami akan lihat dulu Kodim mana yang lebih membutuhkan dan yang lebih pelik permasalahannya," tutup putra dari mantan Wakil Presiden RI, Try Sutrisno itu mengakhiri.(*)

Penulis: Riki S