Ketua DPRD Pessel Sebut Tak Ada Pembatalan Kegiatan Festival Langkisau

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF  -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan , Dedi Rahmanto Putra menegaskan tidak ada pembatalan kegiatan event tahunan Festival Langkisau dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada tahun ini. 

"Tidak bisa, membatalkan itu harus atas persetujuan saya. Dan setidaknya sampai hari ini, barangnya masih dalam APBD," sebutnya kepada KLIKPOSITIF di ruang kerjanya di Painan, Senin 8 Juli 2019.

baca juga: Seratusan KK di Jalamu Pessel Terendam Banjir

Ia mengaku, sejauh ini dirinya selaku Ketua DPRD Pessel belum mendapat konfirmasi resmi terkait pembatalan event yang sudah jadi agenda tahunan di daerah tersebut.

Ia menjelaskan, membatalkan kegiatan yang sudah tertuang di dalam APBD bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, hal itu harus merujuk pada aturan yang jelas dan tidak bisa dibatalkan atau menghilangkan kegiatan.

baca juga: Diguyur Hujan, Kampung di Pessel Ini Dilanda Banjir

"Kalau pergeseran kegiatan boleh dengan Peraturan Kepala Daerah saja. Tapi itu harus dengan kegiatan sejenis, minsalnya Festival Langkisau diganti dengan Festival Mandeh. Tapi kalau menghilangkan, tentu harus ada alasannya juga," terangnya.

Ia menjelaskan, Festival Langkisau merupakan salah satu event yang sudah masuk agenda tahunan sejak 2007. Bahkan, dikatakan event tersebut sudah menjadi ikon rutin yang dikenal dalam ajang promosi dan seni budaya.

baca juga: Bawaslu Sumbar Tegaskan Bawaslu Kabupaten dan Kota Harus Proses Seluruh Laporan Pelanggaran

"Kami sangat setuju dengan Festival Langkisau , dan ini harus ada peningkatannya. Salah satunya pemerintah daerah melaksanakan dengan banyak pihak," ujarnya.

Pihaknya akan meminta klarifikasi terkait hal tersebut dengan Pemkab dalam waktu dekat. Sebab, jika benar pembatalan maka dalam artian Pemkab telah menghilangkan kegiatan dalam ABPB yang sah.

baca juga: Bawaslu Telusuri Informasi Oknum Wali Nagari dan Camat yang Diduga Terlibat Dukung Paslon di Pessel

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat berencana meniadakan event tahunan daerah festival Langkisau untuk tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel Hadi Susilo mengungkapkan, alasan ditiadakannya agenda event pariwisata tersebut karena alasan penghematan anggaran.

Menurutnya, selain penghematan anggaran hingga kini target dalam Rencana Pembangunan dan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) juga masih belum tercapai.

"Karena sekarang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kita defisit. Makanya harus efisien," ujarnyanya kepada wartawan di Painan.

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R