Sekda Pessel Bantah Penyusunan APBD Copy Paste

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon membatah jika penyusunan anggaran pendapatan belanja daerah ( APBD ) setempat copy paste.

Sekda yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terssbut mengungkapkan, tidak mungkin APBD copy paste. Sebab semuanya ada aturan dan prosesdurnya.

baca juga: Begini Suasana Musim Durian di Ganting Kubang Pessel

"Masa APBD copy paste, tidak ada itu. semuanya ada aturannya dalam undang-undang tidak mungkin itu,"ungkapnya saat dihubungi wartawan, Selasa 9 Juli 2019.

Ia menjelaskan, sejauh ini Pemkab Pessel sudah menjalankan program dalam penyusunan APBD , biar masyarakat tahu hal itu sudah sesuai prosedur dan berdasarkan kebutuhan masyarakat dan daerah.

baca juga: Dua Kasus Positif di Pessel Hari Ini, Anak dan Sopir dari Perantau Asal Kambang

"Kita berpegang pada RPJM. Tidak ada copy paste karena ada prosedur, ada proses dan ada Kemendagrinya," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Dedi Rahmanto Putra menyentil program organisasi perangkat daerah (OPD) di daerah setempat terkesan hanya copy paste dan asal bapak senang.

baca juga: Hari ini Dua Warga Pessel Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dedi Rahmanto Putra mengungkapkan kecenderungan itu terlihat dari program kegiatan yang diajukan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak jauh berbeda atau sama dengan tahun sebelumnya.

"Kegiatannya hanya itu ke itu saja. Tidak ada inovasi. Yang dirubah hanya besaran anggaran saja," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF , Selasa (9/7).

baca juga: Seorang Guru Kontak Erat dengan Pasien Positif COVID-19, Aktivitas di SMKN 1 Sutera Ditutup

Pengamatannya, hal tersebut dari tahun ke tahun terus berlangsung dan terulang. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) seakan tidak bekerja.

"Makanya tidak ada program yang jalan. OPD kerja hanya cuma asal bapak senang," sentilnya. (Kiki Julnasri)

Penulis: Eko Fajri