Dikunjungi UKM Malaysia, STIKes Fort de Kock Bukittinggi Jajaki Kerjasama

Foto bersama mahasiswa dan dosen UKM Malaysia dengan STIKes Fort de Kock Bukittinggi
Foto bersama mahasiswa dan dosen UKM Malaysia dengan STIKes Fort de Kock Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -- Rombongan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) berkunjung ke Kampus STIKes Fort de Kock Bukittinggi , Selasa 9 Juli 2019. Kunjungan ini merupakan rangkaian program Rentas Negara bertajuk education traveling yang dilaksanakan UKM, mulai tanggal 8 hingga 12 Juli 2019 di Sumbar

Menurut Ketua STIKes Fort de Kock Bukittinggi , Nurhayati, rombongan yang terdiri dari mahasiswa dan dosen ini akan melakukan studi banding selama satu hari ke beberapa prodi (program studi) di STIKes Fort de Kock Bukittinggi

baca juga: Maju Pilkada Bukittinggi, Erman Safar Juga Doakan Petahana

"Mereka akan melakukan studi banding ke beberapa prodi kesehatan di STIKes Fort de Kock, diantaranya prodi Perawat, Farmasi, Kesehatan Masyarakat dan Fisioterapi, dilanjutkan dengan diskusi dan sharing antar mahasiswa," ujar Nurhayati.

Nurhayati menyebut, ini kunjungan pertama mahasiswa UKM ke STIKes Fort de Kock, dan ke depan nya STIKes Fort de Kock Bukittinggi akan melakukan kunjungan balik ke Kampus UKM.

baca juga: Remaja Asal Bukittinggi Tenggelam Saat Mandi di Lubuk Antijam Malalak

"Nantinya kami akan membuat kerjasama atau MoU dengan UKM terkait student exchange dan lecture exchange," tambah Nurhayati.

Sejak tahun 2012 lalu, STIKes Fort de Kock  Bukittinggi telah merintis kerjasama dengan berbagai instansi dalam skala nasional maupun internasional. Kerjasama dengan Fakultas Health Sciences Universitas Ottawa Kanada misalnya, telah terbuka peluang untuk program pengembangan kampus STIKes Fort de Kock  Bukittinggi .

baca juga: Kabar Baik, Pasien COVID-19 Terlama di RSAM Sembuh

Selain itu, STIKes Fort de Kock  Bukittinggi telah bekerjasama dengan Boromarajonani College of Nursing Saraburi (BCNS) Thailand, yang menyepakati tiga program bersama yang akan dilakukan secara bersama-sama, yakni melakukan riset tentang penyakit stroke, kerjasama program pembelajaran, serta pertukaran pelajar dan dosen untuk tiap semester, serta telah bekerjasama dengan beberapa Negara lainnya seperti Taiwan, Turky, Hungaria, Malaysia dan Negara-negara yang tergabung dalam SEAMEO, SEAMOLEC.

Bahkan STIKes Fort de Kock  Bukittinggi telah melakukan pertukaran pelajar dan dosen dengan Kolej Universiti Islam Melaka (KUIM) Malaysia. Dalam kerjasama itu, sejumlah mahasiswa STIKes Fort de Kock belajar ke kampus KUIM dan dosen STIKes Fort de Kock mengajar mahasiswa KUIM di Kampus KUIM.

baca juga: Ampiang Dadiah dan Janjang Saribu Bukittinggi Masuk Nominasi API 2020

Begitu juga sebaliknya, sejumlah mahasiswa KUIM belajar di Kampus STIKes Fort de Kock dan dosen KUIM mengajar di Kampus STIKes Fort de Kock. (*)

Penulis: Iwan R