BBGRM Sijunjung Ditabuh, Setiap Nagari Dapat Dana Stimulan

Penyerahan Peralatan Oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Kepada Nagari Untuk BBGRM
Penyerahan Peralatan Oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Kepada Nagari Untuk BBGRM (Istimewa)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung , Khamsiardi mengatakan dalam Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat kabupaten ke XVI tahun 2019, pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp993 juta lebih, yang dikucurkan kepada 60 Nagari.

"Dengan dana sebesar itu, diharapkan menghasilkan Rp714 juta lebih untuk swadaya masyarakat dalam satu bulan atau selama kegiatan berlangsung. Selain itu, ada uang pembinaan bagi nagari terbaik dalam pelaksanaan BBGRM," katanya di Nagari Lalan, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung , Selasa 9 Juli 2019.

baca juga: Terlibat Pembunuhan, Oknum Sopir dan Kernet Bus ALS Diringkus Satreskrim Polres Sijunjung

Ia menambahkan, uang pembinaan bagi nagari terbaik tersebut, bagi terbaik I sebesar Rp7 juta, terbaik II sebesar Rp4 juta dan terbaik III sebesar Rp3 juta. Sementara untuk terbaik harapan I, II, dan III masing-masing sebesar Rp2,5 juta, Rp2 juta dan Rp1,5 juta.

"Ini merupakan permintaan Bupati untuk melakukan penilaian dan evaluasi terhadap keberhasilan masing-masing nagari dalam pelaksanaan BBGRM," tuturnya.

baca juga: Dinilai Cacat Hukum, Empat Paslon Pilkada Sijunjuang Tuntut Hal Ini

Sementara itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan, BBGRM merupakan kegiatan kerjasama yang melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan. Terutama, lanjutnya, diarahkan kepada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat.

"Tujuan dan sasarannya sendiri untuk meningkatkan kepedulian serta peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan," katanya saat meresmikan BBGRM ke XVI tahun 2019.

baca juga: Dor, Seorang Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor Ditembak Kepolisian Sijunjung

Yuswir menambahkan, dalam hal ini pihaknya berkomitmen untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya semangat tersebut. Salah satu bukti komitmennya yakni dengan mengalokasikan dana stimulan yang dianggarkan oleh DPMN Kabupaten Sijunjung .

"Setiap nagari mendapatkan Rp10 juta hingga Rp15 juta untuk stimulan ini. Respon masyarakat sangat bagus yang tergambar dari besarnya dana swadaya yang didapat atas dana stimulan yang dikucurkan," ujarnya.

baca juga: Tiga Hari Bersama Konstituen, Andre Rosiade Salurkan Bantuan dan Aneka Pelatihan

Penulis: Muhammad Haikal