Perusahaan Software Australia Luncurkan Program Analisis Dokumen Terkait Panama Papers

Software itu menyertakan program analisis dokumen
Software itu menyertakan program analisis dokumen (Reuters.com)

KLIKPOSITIF - Software yang diproduksi oleh seorang pengusaha Australia telah membantu wartawan terkait bocornya dokumen Panama Papers .

Berbasis pada Sydney Nuix Pty Ltd, software itu menyertakan program analisis dokumen untuk Konsorsium Internasional of Investigative Journalist (ICIJ) yang menyaring data melalui jutaan dokumen yang bocor dari firma hukum Panama, Mossack Fonseca.

baca juga: 9 Mei, ICIJ Akan Rilis Semua Dokumen Panama Papers

Dilansir dari laman Reuters, Panama Papers memiliki 2,6 Terabyte data termasuk email, gambar, PDF dan dokumen lainnya. Hal itu menimbulkan pertanyaan tentang pengaturan keuangan politisi dan tokoh masyarakat melalui pengunaan perusahaan offshore.

"Apa yang kami lakukan untuk mengaktifkan ICIJ untuk melakukan apa yang tidak bisa mereka lakukan dalam sebulan atau mungkin setahun,” ujar wakil presiden Nuix Angela.

baca juga: Keterlibatan Presiden Rusia dan Panama Papers

Dengan menggunakan sebuah software, ICIJ yang berbasis di Washington akan mampu membuat jutaan dokumen yang dipindai, dalam dekade yang lama, pencari teks dan membantu jaringan para jurnalis melalui klien referensi Mossack Fonseca.

Kebocoran besar itu mendorong penyelidikan global mencurigai kegiatan ilegal di dunia oleh orang kaya dan para penguasa. Mosack Fonseca sendiri menyangkal bahwa mereka melakukan kesalahan.

baca juga: Presiden FIFA Tegaskan Tidak Terlibat dalam Panama Papers

Penggunaan teknologi dokumen dan data analisis canggih itu menunjukkan semakin pengtingnya peran teknologi dalam membantu wartawan memahami lebih baik dari penemuan berita.

Pihaknya juga telah menggunakan software Nuix digunakan untuk menyelidiki kasus pornografi anak, perdagangan orang dan penggelapan pajak.

baca juga: Dua Wartawan Pengungkap Panama Papers Mengaku Terkejut dengan Reaksi Dunia

[Khadijah]

Penulis: Fitria Marlina