Bupati Sijunjung Sebut PAUD Penting Untuk Penguatan Karakter Anak

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Saat Peletakan Batu Pertama PAUD Al Hidayah di Jorong Batu Gandang, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto VII, Rabu 10 Juli 2019
Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Saat Peletakan Batu Pertama PAUD Al Hidayah di Jorong Batu Gandang, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto VII, Rabu 10 Juli 2019 (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan membangun Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) merupakan komitmennya dalam membangun sumber daya manusia.

Menurutnya, membangun PAUD merupakan tanggung jawab kepada generasi untuk penguatan karakter. Saat ini terdapat 504 PAUD yang tersebar di Kabupaten Sijunjung .

baca juga: Kemenag Perpanjang Kebijakan Keringanan UKT PTKIN

"Awalnya diprogramkan satu nagari satu PAUD , sekarang ini sudah satu jorong satu PAUD , bahkan sudah berlebih," katanya saat peletakan batu pertama PAUD Al Hidayah di Jorong Batu Gandang, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung , Rabu 10 Juli 2019.

Dengan tercapai target tersebut, Yuswir akan berfokus kepada kualitas tenaga pengajar PAUD , yang hanya membangun karakter bukan intelektual. "Itu yang penting, guru PAUD harus mengembangkan sikap dan perilaku positif. Selama mengikuti petunjuk dan pelaksana PAUD , pasti benar," ujarnya.

baca juga: Terlibat Pembunuhan, Oknum Sopir dan Kernet Bus ALS Diringkus Satreskrim Polres Sijunjung

Ia menambahkan, jika karakter anak tidak diisi, anak yang pintar tidak terkendali. "Sebab kedepannya anak-anak akan menghadapi persaingan yang lebih ketat beberapa tahun kedepan. Inilah pentingnya penguatan karakter untuk anak usia dini," tegasnya.

Sementara itu, Wali Nagari Limo Koto Dashar mengatakan, PAUD tersebut didirikan diatas tanah hibah seluas 80 meter persegi, yang dana pembangunannya bersumber dari dana desa tahun 2019.

baca juga: 27 Sekolah Rusak Akibat Gempa Sulbar, Ini Langkah Kemendikbud

"Diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari (APBNag) sebesar Rp176 juta lebih, dengan waktu 90 hari kerja. Sekarang ini PAUD Al Hidayah menggunakan bangunan dari kayu yang kondisinya kurang representatif," katanya.(*)

Penulis: Muhammad Haikal