Kerjasama dengan 14 PTS, PNP Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Direktur PNP Surfa Yondri (kanan) saat penandatanganan MoU dengan Dekan FTI UBH Hidayat (kiri). MoU penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri itu dilakukan PNP dengan 14 PTS.
Direktur PNP Surfa Yondri (kanan) saat penandatanganan MoU dengan Dekan FTI UBH Hidayat (kiri). MoU penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri itu dilakukan PNP dengan 14 PTS. (Ist)

 PADANG, KLIKPOSITIF - Politeknik Negeri Padang ( PNP ) membuat gebrakan untuk memudahkan calon mahasiswa mendaftar masuk perguruan tinggi. Bekerja dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X , PNP menggandeng 14 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di 4 Provinsi di Indonesia.

14 PTS yang bekerjasama dengan PNP dalam penerimaan mahasiawa jalur mandiri itu terdiri dari Politeknik Jambi, Politeknik Caltex Riau, dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Adabiyah, STMIK Hangtuah Pekanbaru, STMIK Jayanusa, dan Akademi Manajemen Informasi dan Komunikasi Jayanusa.

baca juga: PNP Teken Kerjasama dengan 8 Asosiasi Kontruksi

Kemudian juga ada Univesitas Dharma Andalas, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi H. Agus Salim, STMIK Indonesia Padang, Universitas Bung Hatta (UBH), Poltekes Siteba, AMIK Datuk Perpatih Nan Sabatang, dan Akademi Pariwisata Bunda.

"Melalui kerjasama ini, pelamar cukup membayar satu biaya pendaftaran, namun bisa memilih 4 perguruan tinggi yang diinginkannya, karena ini merupakan program seleksi masuk bersama," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Sumbar Herri, usai menyaksikan MoU antara PNP dengan 14 PTS tersebut, Jumat, 5 Juli 2019.

baca juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020 Dibuka, Catat Cara dan Jadwalnya

Pendaftaran untuk jalur mandiri kerjasama PNP dengan LLDIKTI Wilayah X itu dibuka mulai 8-30 Juli. Pendaftarannya dilakukan secara online melalui website pmb.pnp.ac.id. Kemudian untuk ujian masuk dilakukan 1 Agustus di kampus PNP , Limau Manis, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

"Program seleksi bersama ini lebih efisien dan membantu masyarakat menghemat biaya, karena cukup dengan membayar satu kali untuk 4 sampai 5 pilihan program studi yang diinginkannya. Kemudian melalui terobosan ini juga membantu promosi perguruan tinggi ke masyarakat secara bersama-sama," ujarnya.

baca juga: Dirjen Pendidikan Vokasi Lounching Program S2 Terapan di Empat Politeknik di Indonesia, Salah Satunya PNP

Direktur PNP Surfa Yondri mengatakan, untuk calon mahasiawa yang ingin mendaftar cukup membayar Rp 250 ribu, bisa nantinya mengambil 2 pilihan di PNP , dan 2 atau 3 pilihan lainnya di PTS yang telah menjalin kerjasamanya tersebut.

“Seleksi bersama ini dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan PTS lain dan lebih dikenal oleh masyarakat. Kita tidak bersaing untuk mendapatkan calon mahasiswa, tapi memudahkan masyarakat yang ingin kuliah bisa menentukan pilihannya sesuai dengan keinginannya masing-masing,” katanya.

baca juga: Pandemi Covid-19, PNP Buka Pendaftaran SBMPN 2020 dengan Sistem Seleksi Portofolio

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknologi Industri UBH, Hidayat, mengatakan bahwa FTI mlsebelumya juga telah melakukan metode penjaringan mahasiswa melalui seleksi bidik misi dan seleksi reguler. Dan tentunya, melalui seleksi bersama PNP , diharapkan dapat membantu FTI UBH dalam menjaring calon mahasiswa yang berkualitas.

“Untuk tahun ini daya tampung FTI sebanyak 360 orang. Kita harapkan itu diantaranya berasal dari penjaringan calon mahasiswa baru yang dilakukan melalui seleksi bersama ini,” pungkas Hidayat.(*)

Penulis: Riki S