Legislator: OPD Pemko Payakumbuh Harus Lakukan Percepatan Realisasi Anggaran

Kantor DPRD Kota Payakumbuh.
Kantor DPRD Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Masih adanya beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pemko Payakumbuh yang capaian realisasi anggarannya belum mencapai 50 persen sampai akhir Juni jadi perhatian DPRD.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh , Yendri Bodra Datuk Parmato Alam mengingatkan Pemerintah Kota Payakumbuh untuk mempercepat realisasi anggaran yang dulu diajukan ketika penyusanan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ).

baca juga: Jasa Pengiriman Paket di Payakumbuh Didominasi Rendang

"Memang kami dari awal sudah meminta pemko untuk mempercepat progress kegiatan atau realisasi anggaran itu," ujar Dt Parmato Alam ketika ditemui di ruangannya, Kamis (11/7).

Semestinya, sejak triwulan pertama harus ada progress realisasi anggaran agar semua kegiatan yang telah disahkan DPRD bisa memberikan manfaat optimal kepada masyarakat.

baca juga: Disetujui DPRD, Pemko Payakumbuh Siapkan Penambahan Lahan untuk Masjid Agung

"Dari Januari-April mungkin 20 persen, April-Agustus 70 persen, itu yang kami minta," lanjutnya.

Menurutnya tidak tepat waktunya realisasi kegiatan diantaranya disebabkan oleh tidak matangnya persiapan perencanaan pihak eksekutif.

baca juga: Payakumbuh Dinilai Sukses Integrasikan SPBE, Riza Didapuk Sebagai Narasumber Oleh BPK RI Sumbar

"Namun mungkin lamanya perencanaan, persiapan dokumen hingga pelaksanaan melalui OPD yang membuat terlambatnya realisasi kegiatan," jelasnya.

Sebelumnya, Asisten II Setdako Payakumbuh Elzadaswarman juga sudah mengingatkan OPD Pemko Payakumbuh untuk melakukan percepatan realisasi anggaran. Dia meminta kepala OPD untuk meningkatkan kinerja, terutama dalam hal pembangunan fisik dimana beberapa diantaranya masih belum mencapai target.

baca juga: Ini Sejumlah Persoalan di PDAM Payakumbuh yang Mesti Dibenahi

"Seharusnya sudah 50 persen (pembangunan fisik), maka diharapkan seluruh pimpinan OPD terkait memacu percepatan pembangunan ini. Target realisasi pengerjaan pembangunan harus dapat tercapai dengan baik sesuai rencana," kata mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh itu, beberapa waktu lalu. (*)

Penulis: Taufik Hidayat