Sampai Pertengahan Tahun, RTLH yang Direhab di Payakumbuh Baru 49 Unit

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat meresmikan salah satu RTLH yang selesai direhab.
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat meresmikan salah satu RTLH yang selesai direhab. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Payakumbuh harus bekerja cepat untuk menuntaskan bedah rumah terhadap 350 rumah tak layak huni (RTLH) di daerah tersebut. Sampai sejauh ini, baru 49 unit rumah yang pengerjaan sudah dilakukan.

Berdasarkan data di dinas tersebut, untuk rehab rumah 2019 ini, ada tiga sumber dana yang diterima Pemko Payakumbuh , pertama dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang berasal dari dana pusat dengan jumlah rumah yang akan direhab sebanyak 170 unit dan besaran dana Rp2,975 Miliar.

baca juga: Jasa Pengiriman Paket di Payakumbuh Didominasi Rendang

Selanjutnya ada Dana Alokasi Umum (DAU) berasal dari APBD Kota Payakumbuh dengan jumlah 100 unit rumah, besaran dana Rp1,75 M. Terakhir Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari APBN murni berjumlah 80 rumah dengan besaran dana Rp1,4 M.

"Untuk DAK, pencairan dananya dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama sebanyak 42 rumah dan pengerjaan fisiknya sudah 90 persen, sedangkan pencairan dana sudah 100 persen. Untuk tahap dua itu ada 76 rumah dan saat ini dananya sedang diurus ke KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara), sisanya berada di tahap tiga," jelas Kasi Pembangunan DPKP, Dian Rahma Putri kepada KLIKPOSITIF , Rabu (17/7).

baca juga: Disetujui DPRD, Pemko Payakumbuh Siapkan Penambahan Lahan untuk Masjid Agung

Untuk bedah rumah yang berasal dari DAU Kota Payakumbuh , rumah yang sudah tuntas dilakukan rehab baru tujuh rumah. Berdasarkan perencanaan yang disusun, untuk triwulan ketiga ditargetkan 100 rumah yang akan direhab sudah tuntas dilaksanakan.

"Sedangkan untuk rehab rumah yang dananya berasal dari BSPS itu masih dalam tahap penyusunan propsal dan RAB," lanjutnya.

baca juga: Payakumbuh Dinilai Sukses Integrasikan SPBE, Riza Didapuk Sebagai Narasumber Oleh BPK RI Sumbar

Meski dari total 350 rumah yang direncanakan untuk direhab baru tuntas sebanyak 49 rumah, Dian mengaku hal itu sudah sesuai dengan perencanaan awal yang disusun.

"Karena banyak hal yang kita persiapkan semenjak awal tahun, mulai dari sosialasi, usulan dari RT/RW ke kelurahan, dan identifikasi. Untuk tahun ini, 350 rumah yang akan direhab itu sudah ada penerima bantuannya. Sekarang tinggal eksekusi saja," jelasnya.

baca juga: Ini Sejumlah Persoalan di PDAM Payakumbuh yang Mesti Dibenahi

Berdasarkan perencanaan yang disusun DPKP, seluruh tahapan bedah rumah untuk 2019 ini sudah akan tuntas pada pertengahan Desember nanti.

"Sampai sejauh ini pencapaian masih sesuai rencana dan pertengahan Desember nanti fisik dan administrasi harus selesai. Target tentunya 100 persen selesai," jelasnya. (*)

Penulis: Taufik Hidayat