Kinerja Pemko Payakumbuh Dalam Memajukan Pendidikan Dipantau BPK RI

Wawako Payakumbuh, Erwin Yunaz saat menerima tim BKP RI Perwakilan Sumbar.
Wawako Payakumbuh, Erwin Yunaz saat menerima tim BKP RI Perwakilan Sumbar. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Untuk melihat kinerja Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerahnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar akan memantau kinerja Pemko Payakumbuh selama 20 hari ke depan.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim BPK RI Perwakilan Sumbar, Ibnu Gautama Sugiarto saat berdialog dengan Waki Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz di ruang kerjanya, Selasa (23/7).

baca juga: Pungli Masih Marak, Asisten III Setdako Payakumbuh Tegaskan Hal Ini

" Payakumbuh ini jika kita lihat dari data merupakan salah satu kota yang prestasi pendidikannya cukup bagus," kata Ibnu.

Dengan prestasi cukup baik yang sejauh ini mampu dicatatkan dunia pendidikan di Payakumbuh , pihanya akan melihat sejauh mana peranan pemko dalam peningkatan kualitas pembelajaran pada SD dan SMP dalam rangka wajib belajar 9 tahun

baca juga: Polres Payakumbuh Musnahkan Barang Bukti Ganja Seberat 98,3 Kg

"Ini kita ingin melihat kinerja pendidikan di lingkungan Pemko Payakumbuh , mulai hari ini sampai dengan 20 hari ke depan," lanjutnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz mengaku sudah menyusun manajemen pendidikan di daerahnya tersebut sedemikian rupa.

baca juga: Pemko Payakumbuh tak Batasi Jumlah Penerima BPUM Tahap II

"Tujuannya tentu agar pendidikan di Kota Randang ini menjadi rujukan untuk daerah-daerah lain, sehingga daerah itu bisa datang untuk belajar bagaimana mengelola sistem pendidikan yang inovatif," kata Erwin Yunaz .

Orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu menerangkan, untuk memastikan sistem pengelolaan pendidikan di daerahnya bisa lebih baik dan mampu bersaing dengan daerah lain, pihaknya sudah menyediakan anggaran melalui Dinas Pendidikan (Disdik).

baca juga: Transfer Dana Pusat Berkurang, Kota Payakumbuh Harus Lakukan Efisiensi Pada APBD 2021

"Dengan itu kita akan mendapatkan hasil anak-anak didik yang berprestasi di masa yang akan datang," pungkas Erwin. (*)

Penulis: Taufik Hidayat