Jembatan Ratapan Ibu Batal Jadi Lokasi Start Gowes Nusantara 2019

Rapat persiapan akhir Gowes Nusantara 2019, Rabu (24/7).
Rapat persiapan akhir Gowes Nusantara 2019, Rabu (24/7). (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Jembatan Ratapan Ibu Kota Payakumbuh batal jadi lokasi start Gowes Nusantara 2019, Minggu (28/7) nanti. Sebagai gantinya, panitia memilih Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah sebagai lokasi pertama untuk melepas para peserta.

Hal itu diketahui, setelah dilaksanakannya rapat persiapan akhir Gowes Nusantara 2019 di Lantai 2 Aula Pertemuan Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah, Rabu (24/7).

baca juga: Persiapan Untuk Arungi Liga 3, Gasliko Seleksi Seratusan Pemain

"Rute baru yang kita susun, start di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah-Tugu Adipura-Labuah Basilang-Gelanggang Kubu Gadang (checkpoint), Simpang Benteng-Simpang Kaniang Bukik-Simpang Napar-Simpang Bunian-Simpang Kasda-Ngalau Indah finish," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Elfriza Zaharman.

Lebih lanjut, demi meningkatkan animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut, pihaknya akan membagikan sebanyak 1.000 baju untuk pendaftar pertama.

baca juga: Dorong UMKM Bangun Brand Bersama, Menkop UKM Contohkan Produksi Rendang di Payakumbuh

"Baju dibagikan Minggu pagi pukul 06.00 WIB pada 10 pos yang kami siapkan di Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah," kata perempuan yang karib disapa Cece itu.

Selain baju, kegiatan tersebut juga menyediakan berbagai hadiah lain yang akan diundi pada garis finish.

baca juga: Kebaya Encim Karya Putra Luak Limopuluah, Megi Efriater Mentas di HUT DKI

Hadiah utama satu unit sepeda motor, selain itu ada TV, kulkas, dan hadiah menarik lainnya, Insya Allah hadiah hanya untuk peserta, karena panitia tidak diberi kupon," lanjutnya.

Kabag Ops Polres Payakumbuh , Kompol Basrial mengungkapkan, salah satu alasan dipindahkannya garis start dari Jembatan Ratapan Ibu ke Medan Nan Bapaneh adalah karena daya tampung yang cukup terbatas. Lokasi Jembatan Ratapan Ibu yang berdekatan dengan Pasar Ibuh mengakibatkan sulitnya rekayasa lalu lintas dan lahan parkir yang juga sempit.

baca juga: Distribusi Air Bersih Belum Lancar, PDAM Payakumbuh Tetap Tambah 500 Pelanggan Lewat Program MBR

"Di sana (Jembatan Ratapan Ibu) cukup ramai aktifitas warga, sehingga akan berakibat pada kemacetan di pusat kota," katanya. (*)

Penulis: Taufik Hidayat