Gojek Dorong Perkembangan UMKM di Padang Melalui Pelatihan Digital Enterpreneurship

Pelatihan Gerakan Online Nusantara (Digital Entrepreneurship) yang bertempat di HW Hotel Padang pada Kamis (25/7)
Pelatihan Gerakan Online Nusantara (Digital Entrepreneurship) yang bertempat di HW Hotel Padang pada Kamis (25/7) (KLIKPOSITIF/Khadijah)

PADANG, KLIKPOSITIF - GOJEK Padang bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Kota Padang menggelar Pelatihan Gerakan Online Nusantara (Digital Entrepreneurship) yang bertempat di HW Hotel Padang pada Kamis, 25 Juli 2019. Kegiatan ini diinisiasi melalui semangat yang diusung GOJEK #PastiAdaJalan, termasuk di dalamnya pemanfaatan teknologi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) untuk mengembangkan bisnis

Kegiatan ini diikuti oleh seratusan UMKM dari Kota Padang, serta merupakan kegiatan kick-off dari pelatihan serupa yang akan diadakan secara berkala hingga akhir 2019 ini dengan menargetkan ratusan peserta UMKM lainnya, khususnya yang merupakan UMKM kuliner binaan Dinas Perdagangan.

baca juga: Dirut Classy Corporation Resmi Launching CSSB, Siap Dukung Majukan UMKM di Sumbar

“Peningkatan skala bisnis mitra merchant merupakan prioritas utama kami. Inovasi teknologi dan inisiatif yang berkelanjutan dari hulu ke hilir terus kami hadirkan. Sehingga mereka yang awalnya memulai bisnis kuliner dari usaha rumahan bisa semakin giat berinovasi dan menciptakan produk yang memiliki kualitas terbaik di pasaran, salah satunya melalui GO-FOOD Festival," ujar Head of Regional Corporate Affairs Gojek Sumatera, Teuku Parvinanda.

Bahkan lanjutnya, mereka yang awalnya memulai bisnis kuliner dari usaha rumahan bisa semakin giat berinovasi dan menciptakan produk yang memiliki kualitas terbaik di pasaran, salah satunya melalui Go-Food Festival. Diharapkan, melalui kegiatan pembekalan tersebut, UMKM binaan Dinas Perhubungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang yang bergabung menjadi mitra (merchant) Go-Food Padang dapat mulai menjalankan bisnis mereka secara digital melalui Go-Food.

baca juga: Kemenperin Buka Jalan Pelaku IKM Ikut Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Padang Jasman menyampaikan antusiasmenya atas pelatihan ini. Ia mengungkapkan, Pemko Padang sangat mendukung kegiatan pembekalan seperti ini, karena dengan memanfaatkan teknologi digital dan berwirausaha secara online, yang awalnya misalnya berjualan di Lubuk Buaya, mungkin pembelinya ada yang datang dari Indarung. Tapi itu cuma terjadi sesekali.

"Dengan berjualan secara online di GO -FOOD, orang sekota Padang bisa membeli," ujar Jasman di hadapan peserta pembekalan yang hadir pada kesempatan tersebut.

baca juga: Jadi Mitra Binaan Semen Padang, Syafni Jadi "Juragan" Rakik di Batu Gadang

Sementara itu, District Head GOJEK wilayah Sumatera Barat Febri Andika juga menyampaikan apreasiasinya kepada Dinas Perdagangan Kota Padang atas terwujudnya kegiatan ini dan berharap semakin banyak UMKM Kota Padang yang semakin berkembang bisnisnya.

Febri menjelaskan, di Padang, tercatat ada ribuan merchant yang saat ini bergabung di aplikasi layanan pesan-antar makanan GO-FOOD. Bahkan pada bulan Mei 2019, dampak GO-FOOD terhadap perekonomian juga dipaparkan oleh hasil riset dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang menyatakan bahwa teknologi GOJEK secara keseluruhan menyumbang Rp 44,2 Triliun ke perekonomian Indonesia, dimana Rp 18 Triliun diantaranya berasal dari mitra UMKM GO-FOOD.

baca juga: Pemerintah Libatkan Pelaku UMKM Bangun Ekonomi Digital

"Kami berharap melalui kegiatan ini lebih banyak lagi wirausahawan Kota Padang yang mendapatkan bekal ilmu untuk dapat mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi digital seperti GO-FOOD dan GO-PAY, serta masuk ke platform online," ujar Febri didampingi Manager Marketing Kota Padang, Sandra Effendi.(*)

Penulis: Khadijah