Istri Gubernur Jateng Menang Lomba Marandang di Padang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istrinya Siti Atiqoh Supriyanti
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan istrinya Siti Atiqoh Supriyanti (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Istri Gubernur Jawa Tengah Siti Atiqoh Supriyanti mejurai lomba memasak randang antar Tim Penggerak PKK se-Indonesia dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional ke-47 yang dipusatkan di Padang.

Bahkan, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah itu berhasil mengalahkan tuan rumah (Sumbar) yang menjadi pusat masakan terenak di dunia versi CNN tersebut.

baca juga: Presiden Ingin Libatkan Ibu-ibu PKK Sosialiasi Protokol Kesehatan ke Masyarakat

Juara II diraih TP PKK Bengkulu, dan peringkat III diraih tuan rumah Sumbar setelah itu Gorontalo, Bangka Belitung, dan Jogjakarta.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno hari ini resmi menutup pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK ) tingkat nasional ke-47 yang bertempat di RTH Imam Bonjol, Padang, Sabtu (27/7/2019).

baca juga: Pastikan Randang Payakumbuh Steril, BPOM Berikan Pelatihan untuk Pelaku UMKM

Penutupan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum TP- PKK Pusat Erni Guntari Tjahjo Kumolo, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Wakil Ketua TP PKK Sumbar Wartawati Nasrul Abit, Ketua TP PKK Provinsi se Indonesia, Ketua TP PKK Kab/ Kota se Sumbar serta Bupati/ Walikota se Sumbar.

Dalam rangkaian penutupan tersebut, juga diserahkan bantuan sosial bagi kader-kader PKK yang kurang mampu. Selain itu juga diumumkan stand pameran terbaik selama penyelenggaran HKG PKK dari 24-27 Juli 2019.

baca juga: Wagub Sumbar Launching BBD-BBGRM ke-XVII di Agam

Gubernur dalam sambutan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta HKG PKK , terutama yang berasal dari luar Sumbar karena sudah  beramai-ramai datang kesini, dan itu menjadi sebuah kebanggan bagi kami dan semoga menjadi hal yang selalu dapat dikenang.

“Kami harap selama di Sumbar menjadi kenangan dan nostalgia kita bersama diantara para tamu-tamu dengan tuan rumah,” sebutnya.

baca juga: Pemko Pariaman Beri Penilaian Pada Kelompok PKK Beri Penilaian Pada Kelompok PKK

Irwan Prayitno mengharapkan kepada seluruh tamu-tamu untuk bisa lebih lama lagi bertahan di Sumbar, karena begitu banyak tempat wisata yang belum dikunjungi. Selain itu dia juga mengajak untuk seluruh tamu untuk membeli oleh-oleh yang beragam di Sumbar, baik dalam bentuk makanan atau souvenir.

“Kami punya Mentawai yang merupakan tempat selancar kelas dunia, kemudian ada juga KWT mandeh yang merupakan raja ampatnya Sumatera dan tentu juga Bukittinggi dengan Jam Gadang nya. Jadi kami rasa rugi jika belum mengunjungi tempat-tempat tersebut," ungkapnya.

Diakhir sambutan, Gubernur menyatakan maaf jika sekiranya selama di Sumbar ada yang kurang berkenan atau kurang memuaskan dalam pelayanan.

“Mohon dimaafkan, bawa saja hal-hal yang baik ke tempat masing-masing, yang kurang baik tinggalkan saja disini. Dan kami harap seleruh tamu bisa kembali ke Sumbar, baik bersama rombongan ataupun bersama keluarga,” harapnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Sumbar Nevi Irwan Prayitno mengucapkan terimakasih kepada seluruh TP PKK se Indonesia yang sudah hadir ke Sumbar untuk memeriahkan HKG PKK Nasional 2019.

"Semoga HKG PKK kali ini menjadi yang terbaik, dan semoga kita semua bisa bertemu kembali pada pelaksanaan HKG PKK selanjutnya di Kalimantan Timur," sebutnya.

Selian itu, Nevi Irwan Prayitno juga membacakan pemenang-pemenang lomba selama pergelaran HKG PKK di Sumbar.

Berikut pemenang stand pameran terbaik selama penyelenggaraan HKP PKK tingkat nasional ke-47:

Juara I: Provinsi Sumatera Selatan
Juara II: Provinsi Maluku
Juara III: Kabupaten Kepulauan Mentawai
Harapan I: Provinsi Sulawesi Selatan
Harapan II: Kota Sawahlunto.

Sedangkan untuk 5 penampilan terbaik fashion show baju adat dimenangkan Sulawesi Selatan, Bali, Jatim, Sumatera Selatan dan Papua. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir