Ketua UPP Sijunjung : Proses PPDB Jalur Zonasi Sudah Sesuai Permendikbud

UPP Kabupaten Sijunjung Saat Monitoring dan Pengawasan di SMAN 2 Sijunjung
UPP Kabupaten Sijunjung Saat Monitoring dan Pengawasan di SMAN 2 Sijunjung (Istimewa)

SIJUNJUNG , KLIKPOSITIF -- Ketua Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten Sijunjung , Kompol Suyanto mengatakan, hingga saat ini belum ditemukan penyimpangan dalam penerimaan peserta didik baru ( PPDB ) baik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Selama monitoring dan pengawasan belum ditemukan penyimpangan, termasuk pada kenaikan kelas," katanya di SMAN 2 Sijunjung , Senin 29 Juli 2019.

baca juga: Tidak Terima Anggota Keluarga Kalah Berkelahi, Ayah dan Kakak Ikut Aniaya Korban Hingga Meninggal di Sijunjung

Ia menambahkan, monitoring dan pengawasan dilakukan merupakan tindak lanjut dari Sosialisasi yang dilakukan pada Jumat 26 Juli 2019 lalu. Dalam sosialisasi kemarin itu, sambungnya, kami lebih menekankan adanya budaya malu dari pribadi untuk melakukan pungli liar di sekolah.

"Kemudian dalam proses PPDB sesuai zonasi, juga sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018," ujarnya.

baca juga: Segmen Sianok Cukup Aktif, BMKG Ingatkan Potensi Gempa Kuat di Sumbar

Lebih jauh Suyanto menambahkan, monitoring seperti ini akan dilakukan terus ke sekolah-sekolah. Ia akan terus memberikan arahan kepada kepala sekolah, bahwa PPDB harus mengacu pada aturan hukum yang ada.

"Apabila ada kebijakan yang meminta pungutan harus ada payung hukumnya terlebih dahulu dan kami mengharapkan jangan ada perpecahan internal di sekolah," katanya lagi.(*)

baca juga: Dua Labor Periksa 1.712 Sampel Swab, Jubir Sumbar: Bertambah 1 dari Kabupaten Sijunjung

Penulis: Muhammad Haikal