Dukung Transformasi Digital Menuju Industri 4.0, PNP-Kemenkominfo Gelar Digital Talent Scholarship

Direktur PNP Surfa Yondri (tiga dari kiri) bersama Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kemenkominfo Wilayah Medan, Irbar Samekto, menekan tombol tanda dibukanya Digital Talent Scholarship yang digelar di gedung PKM PNP.
Direktur PNP Surfa Yondri (tiga dari kiri) bersama Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kemenkominfo Wilayah Medan, Irbar Samekto, menekan tombol tanda dibukanya Digital Talent Scholarship yang digelar di gedung PKM PNP. (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Politeknik Negeri Padang ( PNP ) mendapat kepercayaan oleh Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kemenkominfo Wilayah Medan untuk menggelar Digital Talent Scholarship 2019 bidang Vocational School Graduate Academy.

Bertempat di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) PNP , kegiatan Digital Talent Scholarship yang dibuka oleh Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kemenkominfo Wilayah Medan, Irbar Samekto itu, diikuti 191 peserta yang berasal dari lulusan SMK di Sumbar dan sejumlah provinsi lainnya di Sumatera.

baca juga: Mahasiswa Baru PNP Ikuti PPKMB Secara Daring

Selain itu, pembukaan Digital Talent Scholarship tersebut juga dihadiri perwakilan dari SKPD terkait di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumbar, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, dan sejumlah Kepala Sekolah SMK se-Sumbar. 

Direktur PNP Surfa Yondri mengaku bersyukur dan bangga karena PNP dipercaya oleh Kemenkominfo untuk melaksanakan Digital Talent Scholarship. Bahkan PNP merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sumbar yang melaksanakan Digital Talent Scholarship, khususnya di bidang Vocational School Graduate Academy. 

baca juga: PNP dan Dinas Pariwisata Sumbar Teken MoU Bidang Pariwisata

"Alhamdulillah, PNP merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sumbar yang mengadakan Digital Talent Scholarship di bidang Vocational School Graduate Academy," kata Surfa Yondri usai acara pembukaan Digital Talent Scholarship, Senin, 29 Juli 2019.

PNP sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi di Indonesia, kata Surfa Yondri melanjutkan, tidak hanya berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai, tapi juga memberikan ruang bagi pihak-pihak terkait untuk menjalin kerjasama dalam kegiatan pelatihan.

baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri, PNP Kerjasama dengan 15 PTS di Lingkunhan LLDikti Wilayah X

"Seperti Digital Talent Sholarship bidang Vocational School Graduate Academy ini misalnya. Bagi PNI, Ini juga merupakan upaya PNP untuk menyiapkan lulusan SMK yang siap pakai, khususnya kemampuan di bidang IT,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Digital Talent Scholarship, Ronal Hadi mengatakan bahwa secara nasional ada 25 ribu peserta Digital talent Scholarship, dan di Sumatera Barat disiapkan kuota untuk 218 peserta, namun yang mengikuti hanya 191 orang.

baca juga: Kabid SMK Disdik Sumbar: Peluang Masuk SMK Negeri Masih Terbuka

"Digital Talent Scholarship ini berlangsung selama 18 hari kalender. Pelatihan dilaksanakan dua sesi, pagi dan siang dengan waktu pembekalan selama 4 jam sehari," ujarnya.

Setelah menuntaskan pelatihan, lanjutnya, para peserta akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari LSP3, selaku lembaga uji kompetensi yang ditunjuk Kemenkominfo untuk kegiatan yang dilaksanakan di PNP .

"Sertifikasi itu nantinya dapat dimanfaatkan oleh peserta untuk mencari pekerjaan. Selain itu, peserta juga mendapatkan uang saku Rp 750 ribu usai pelatihan,” bebernya.

Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Kemenkominfo Wilayah Medan, Irbar Samekto dalam sambutannya mengatakan, ada tiga skema dari Digital Talent Scholarship ini, yaitu Junior Mobile Programing, Junior Network Administrator, Junior Grafis Desain.

"Kami berharap peserta tidak hanya dapat meningkatkan kemampuannya, tapi juga bisa memperoleh sertifikat kompetensi. Meskipun mereka lulusan SMK , tapi kemampuannya sudah setara DIII. Itulah tujuan dari Digital Talent Scholarship ini,” katanya.

Digital Talent Scholarship ini, lanjutnya, merupakan salah satu langkah untuk mendapatkan SDM yang handal dalam mendukung transformasi digital di Indonesia menuju Industri 4.0 serta peningkatan ekonomi digital.

"Dalam menghadapi industri 4.0, tenaga kerja harus terampil dan kemampuan di bidang IT juga sudah menjadi keharusan. Era tersebut sudah di depan mata, siapa yang tidak merespon perubahan akan tertinggal," ujarnya.

Saat ini, sebut Irbar, Indonesia masih kekurangan SDM bidang komunikasi dan informasi. Lulusan yang dihasilkan masih belum siap pakai, sehingga lulusan IT kesulitan untuk mencari lapangan pekerjaan. Padahal, zaman serba canggih dengan layanan yang serba digital.

Oleh sebab itu, ia berharap melalui Digital Talen Scholarship ini, para peserta dapat meningkatkan kemampuannya untuk bisa bersaing dengan dunia kerja , karena keterampilan, keahlian dan juga sertifikat kompetensi, harus dimiliki oleh peserta jika ingin bersaing di dunia kerja .

"Untuk itu kepada para peserta, manfaatkanlah Digital Talent Scholarship ini dengan baik, supaya ilmu yang didapat selama mengikuti Digital Talent Scholarship ini dapat dimanfaatkan, terutama dalam mencari pekerjaan dan menghadapi persaingan di dunia kerja ," pungkasnya.(*)

Penulis: Riki Suardi