Bintang YouTube Berusia 6 Tahun Beli Gedung $ 11 Juta di Seoul

Boram, gadis kecil yang berusia 6 tahun itu merupakan bintang YouTube top Korea Selatan yang memiliki lebih dari 31 juta pelanggan.
Boram, gadis kecil yang berusia 6 tahun itu merupakan bintang YouTube top Korea Selatan yang memiliki lebih dari 31 juta pelanggan. (Asiaone)

KLIKPOSITIF - Dia baru berusia enam tahun dan sudah menjadi pemilik sebuah bangunan di distrik termahal di Seoul. Boram, gadis kecil yang berusia 6 tahun itu merupakan bintang YouTube top Korea Selatan yang memiliki lebih dari 31 juta pelanggan.

Sejak 2016, pemirsa telah menonton dan melihat ulasan gadis mainan menggemaskan dan mengintip kehidupan keluarganya. Dua saluran YouTube-nya - Boram Tube ToysReview dan Boram Tube Vlog menghasilkan pendapatan bulanan rata-rata $ 4,2 juta.

baca juga: Enggan Bertemu Biden, Presiden Baru Iran: Program Rudal Iran Tidak Dapat Dinegosiasikan

Koran Bisnis Maeil dalam laporannya pada bulan April mengatakan keluarga Boram membeli sebuah gedung berlantai lima di Gangnam seharga 9,5 miliar won (S $ 11 juta),

Walaupun itu mungkin tampak seperti 'pekerjaan' impian siapa pun - terlibat dalam kegiatan yang menyenangkan sambil menggosok adonan - itu masalah yang sama sekali berbeda ketika seorang anak adalah orang yang bekerja.

baca juga: GNB Gelar Pertemuan Luar Biasa Mengenai Palestina, Indonesia Dorong 3 Hal Penting

Pada 2017, Save The Children Korea mengajukan tuntutan terhadap orangtua Boram karena memfilmkan gadis itu dalam situasi yang dapat menyebabkan kesedihannya.

Video-video itu, yang memperlihatkan gadis itu dalam skenario seperti mencuri uang dari dompet ayahnya dan berpura-pura sedang melahirkan, kemudian dijadikan pribadi.

baca juga: Di Inggris Kematian Akibat Corona Turun Signifikan, ONS Sebut Kematian Akibat Flu dan Pneumonia Jauh Lebih Tinggi

Menurut The Korea Herald, Pengadilan Keluarga Seoul menguatkan tuduhan amal tersebut. Boram bukan satu-satunya anak yang mendapat sorotan.

Pada bulan April, sebuah video klip seorang wanita Tiongkok menendang putrinya yang berusia tiga tahun memicu kemarahan di media sosial. Niuniu, seorang model anak yang terkenal, ditendang selama pemotretan karena dia terlalu lelah untuk tampil.

baca juga: PBB: Hentikan Penjualan Senjata ke Myanmar

Dilansir dari laman Asiaone, pada kesempatan lain, ibunya juga difilmkan memukulnya dengan gantungan pakaian. Ibu Niuniu meminta maaf atas tindakannya, mengatakan bahwa dia mencintai anaknya dan tidak berniat menyakitinya. "Suaminya memiliki pekerjaan dan keluarganya tidak bergantung pada Niuniu untuk mencari nafkah," tambahnya.

Tapi netizen telah meragukan kata-katanya, dan mulai mengajukan pertanyaan tentang hukum pekerja anak di negara itu. China memiliki industri pakaian anak yang sedang booming di mana model anak papan atas dapat memperoleh hingga satu juta yuan (S $ 200.000) setiap tahun.

Meskipun beberapa orang tua mengatakan mereka mendaftar anak-anak mereka untuk menjadi model untuk belajar bagaimana menjadi lebih percaya diri dan ramah, masyarakat telah menyuarakan keprihatinan atas perawatan anak-anak, serta mempertanyakan apakah gaji yang besar adalah motivasi orang tua.

Penulis: Fitria Marlina